SERGAI - Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) saat ini ditengah kabar usulan pergantian posisi Ketua DPRD Kabupaten Sergai dari Partai Gerindra kepada M Ilham Ritonga yang saat ini menjabat anggota DPRD Sergai. Sementara posisi Ketua DPRD Sergai saat ini masih dijabat dr Riski Ramadhan Hasibuan. 
 
Hal ini berdasarkan Surat Keputusan DPP Partai Gerindra tersebut yang langsung ditanda tangani oleh Ketua umum Partai Gerindra H. Prabowo Subianto dan Sekretaris Umum H. Ahmad Muzani. 
 
Menanggapi hal ini, Ketua DPC Partai Gerindra Sergai Budi SE yang dihubungi wartawan, Selasa (13/9) membenarkan telah terbitnya surat keputusan dari DPP partai Gerindra terkait pergantian Ketua DPRD Sergai periode 2022-2024 kepada M Ilham Ritonga yang saat ini masih dijabat dr M Riski Ramadhan Hasibuan, sedangkan jabatan Ketua Fraksi Partai Gerindra Sergai James Hotlan Pangaribuan yang saat ini juga masih jabat beliau.
 
"Surat keputusan tersebut telah kita masukkan ke Sekretariat DPRD Sergai, 2 September kemarin dengan harapan untuk segera diproses berdasarkan peraturan perundang-undangan serta tata tertib DPRD Sergai," cetus Budi SE.
 
Sementara itu, Sekretaris DPRD Sergai H Suprin yang dikonfirmasi kepada wartawan membenarkan bahwa surat keputusan dari DPP Partai Gerindra terkait penetapan pergantian Ketua DPRD Sergai kepada M Ilham Ritonga dan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Sergai James Hotlan Pangaribuan telah diterima pihak Sekretariat DPRD Sergai, 2 September kemarin.
 
"Surat DPP Partai Gerindra tersebut telah dibacakan pada sidang paripurna, 9 September kemarin terkait surat-surat masuk, selanjutnya berdasarkan mekanisme surat tersebut telah diteruskan ke Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Sergai untuk proses lebih lanjut," papar H Suprin.
 
Hal serupa dikatakan Ketua BKD DPRD Sergai Longway Maospin Pakpahan yang ditemui wartawan di gedung DPRD Sergai juga membenarkan pihaknya telah menerima surat dari DPP Partai Gerindra diantaranya terkait pergantian Ketua DPRD Sergai kepada M.Ilham Ritonga yang saat ini masih dijabat dr M Riski Ramadhan Hasibuan.
 
"Surat dari DPP Partai Gerindra masih dalam proses pembahasan internal BKD DPRD Sergai," pungkas Longway politisi asal partai Golkar tersebut.
 
Ketua DPRD Sergai dr M Riski Ramadhan Hasibuan dikonfirmasi wartawan, Rabu (14/9) melalui via WhatsApp terkait SK DPP Partai Gerindra pergantian posisi Ketua DPRD Sergai kepada M Ilham Ritonga, membenarkan hal tersebut.
 
"Benar bang," tulis dr Riski Ramadhan Hasibuan.