HUMBAHAS - Untuk menciptakan SDM (Sumber Daya Manusia) di sekawasan Pariwisata Danau Toba menuju yang unggul BPODT dengan menggandeng beberapa organisasi dalam bidang Pendidikan. Untuk mensukseskan misi tersebut BPODT bekerja sama dengan Perkumpulan GajaToba Semesta (PTGS) dan Bimbingan Belajar Ganesha Operation (BBGO) melaksanakan program Bimbingan Belajar (Bimbel). 
 
Bimbingan Belajar digelar untuk persiapan mengikuti masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) bagi para pelajar SMA.kegiatan Bimbel dilakasanakan bertempat di Aula Hutamas, Perkantoran Bukit Inspirasi Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan, Sabtu, (10/08/2022).
 
Sekjen Gajatoba Frans Sihaloho dalam keterangan pers tertulisnya yang diterima www.gosumut.com Minggu, (11/09/2022), dihadapan Ribuan siswa siswi se kawasan Danau Toba yang hadir mengucapkan selamat datang kepada para siswa/siswi dari 9 Kabupaten sekitaran kawasan Danau Toba Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Samosir, Toba, Simalungun, Karo, Dairi, Pakpak Bharat dan Kabupaten Tapanuli Tengah.
 
"Kami bangga adik-adik sekalian mau hadir jauh- jauh dari Kabupaten masing masing untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Belajar yang kami gelar.
 
Frans Sihaloho mengatakan, Gajatoba setiap tahun membuka dan melaksanakan bimbel dan merupakan program unggulan dari Gajahtoba yang konsisten dilakukan selama 6 tahun terakhir.kegiatan ini  kami lakukan untuk membangun generasi Danau Toba yang unggul," Ujar Frans Sihaloho.
 
Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Drs. Tonny Sihombing menyampaikan, Pemkab Humbahas sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada PGTS yang sangat peduli dengan peningkatan mutu pendidikan bagi warga pelajar di Sekawasan Danau Toba yang digelar di Kab.Humbahas oleh PGTS dengan menyelenggarakan Bimbel Gratis kepada siswa/i kelas XII dan berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan jangan putus di tahun 2022 ini.
 
Dalam sambutan Bupati Humbahas yang disampaikan Sekda Drs.Tonny Sihombing menyebutkan, hingga saat ini Pemkab Humbang Hasundutan dari tahun 2017 sampai saat ini (tahun 2022) masih menganggarkan pemberian beasiswa berprestasi yang sumber dananya dari APBD Kab.Humbahas khusus kepada  Mahasiswa/i yang masuk perguruan tinggi di jenjang urutan 10 besar terbaik di Indonesia.Beasiswa juga dianggarkan dan diberikan kepada lara siswa/i yang masuk di SMA Unggul Del Laguboti dan Yayasan Tunas Bangsa Soposurung di Kabupaten Toba serta SMA Matauli Pandan Kota Sibolga dengan kategori kelas unggul A.tandas Sekda.
 
Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Jimmy Bernando Panjaitan dalam sambutannya kepada www.gosumut.com yang disampaikan Divisi Humas BPODT Minggu, (11/09/2022) menyebutkan, BPODT sangat mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan program kegiatan Perkumpulan Gajatoba Semesta (PTGS) yang konsisten di 6 tahun terakhir hingga di tahun 2022 melaksanakan Bimbingan Bajar (Bimbel) persiapan masuk PTN serta mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Bimbel Ganesha Operation karena bisa bekerjasama dengan Gajatoba melaksanakan Bimbel Gratis yang digelar di Kab.Humbahas. 
 
Melalui program Bimbel yang digelar PGTS bagi warga pelajar di Kabupaten sekawasan Danau Tob menjadi salah satu persiapan dan dukungan peningkatan program pembangunan SDM di Danau Toba.
 
“Kami percaya bahwa adik-adik pelajar tersebut akan mampu menjadi sosok generasi yang unggul dan berkarakter, dengan kerja keras, belajar keras dan menjalani berbagai bentuk bentuk latihan dan pelatihan akan melahirkan sosok pelajar yan memiliki karakter yang bagus dan berdaya saing daerah globalisasi saat ini yang semakin canggih," jelasnya. 
 
Dengan pelaksanaan program Bimbel gratis yang digelar oleh BPODT yang bekerja sama dengan PGTS dan BBGO, harapan kami akan menambah peningkatan wawasan dan pengetahuan dalam melahirkan Sumber Daya manusia (SDM) yang unggul dan berkarakter di masyarakat se kawasan Danau Toba menyambut perubahan yang besar di era digitalisasi saat ini khususnya dalam industri pariwisata," ujar Jimmy.
 
Perlu diketahui, Bimbel Ganesha Operation memberikan bantuan bimbingan belajar dan Try Out kepada 540 siswa/siswi kelas XII di 9 Kabupaten yang ada di Danau Toba secara gratis dan tidak dipungut biaya hingga lulus SMA.
 
Turut serta hadir dalam acara tersebut, Kepala Cabang UPT Dinas Pendidikan Humbang Hasundutan/Tapanuli Utara, Kepala Dinas Pendidikan Humbahas, Kadis Pekerjaan Umum Tapanuli Tengah dan Kepala Cabang Ganesha Operation Humbang Hasundutan.