ASAHAN -Kemenangan Kemaldin dalam laga Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) bergelombang tahun 2022 di Desa Rahuning II, Kecamatan Rahuning, Kabupaten Asahan pada Rabu (7/9/2022) menjadi rasa syukurnya yang tinggi.
 
Sebab, Kemaldin yang mencalonkan diri untuk menjadi Kades, sempat Gugur karena didiskualifikasi oleh Panitia Pilkades Rahuning II. Sehingga timbul kegaduhan masyarakat Desa Rahuning II.

Diskualifikasi itu dilakukan tanpa adanya BAP yang dilakukan oleh Panitia Pilkades. Karena tingginya kegaduhan pada saat itu dan dengan pertimbangan serta penilaian, Dinas PMD Kabupaten Asahan mencabut diskualifikasi Kemaldin sebagai Calon Kepala Desa.

Kabid Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Asahan, Rahmad Haris Munandar mengatakan pada awak media, sangat menyayangkan tindakan Ketua Panitia Pilkades pada saat itu.

"Ada tahapan untuk mendiskualifikasi calon dan harus melalui BAP. Kita sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan Panitia Desa di Rahuning II ini," ujar Haris saat itu pada awak media di kantor PMD Asahan.

Perjuangan tak menghianati hasil, Kemaldin dan tim yang begitu gigih memperjuangkan dari proses pendaftaran yang sempat terbegal hingga masa Pilkades berlangsung, membuahkan hasil yang memuaskan.

Kemaldin menang Pilkades dari 4 calon lainnya, kini dirinya telah menjadi Kades terpilih dari peolehan suara sebanyak 646.

Adapun jumlah suara sebanyak 1.306 dari 6 dusun, dengan rincian, nomor urut 1 Suryadi memperoleh 514 suara, nomor urut 2 Muhammad Solihin memperoleh 83 suara, nomor urut 3 Suryatin memperoleh 46 suara, nomor urut 4 Kemaldin memperoleh 646 suara dan nomor urut 5 M. Yahmin memperoleh 17 suara. Sementara, suara tidak sah berjumlah 10.

Saat ditemui Wartawan, Jumat (9/9/2022) Kemaldin mengaku sangat bersyukur. Walaupun sempat dizhalimi, Kemaldin tak berkeinginan membalas dengan kezhaliman juga.

"Kezhaliman tidak perlu dibalas dengan kezhaliman. Saya malah berkeinginan, sama-sama membangun desa tanpa adanya perpecahan yang diakibatkan adanya Pilkades. Saya sangat berterima kasih kepada Masyarakat Rahuning II yang telah menaruh kepercayaan kepada saya. Saya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk membangun desa ini menjadi lebih baik lagi kedepannya," tuturnya.