SIBOLGA -Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan maksimalkan persiapan Seminar Nasional Kemaritiman Umrah dengan Kapal Laut di Aula Gedung Terminal Penumpang PT. Pelindo Cabang Sibolga,  Selasa (06/09/22).
 
Wali Kota Sibolga H. Jamaluddi Pohan didampingi President INAMPA, Pasoroan Herman Harianja mengatakan, Pinanjauan itu dilakukannya untuk memastikan pemenuhan perlengkapan untuk kelancaran kegiatan seminar yang rencananya diselenggarakan tanggal 8 September mendatang.

“Karena (seminar) ini live secara nasional. Mudah-mudahan bisa terselenggara dengan baik dan sukses,” ujar Wali Kota Jamaluddin dalam keteran pesan Perss rilisnya Rabu (07/09/2022).

Seminar nasional yang akan diadakan bertujuan mewujudkan Pelabuhan Sibolga sebagai pusat pemberangkatan jamaah umroh dengan kapal laut khusus wilayah Pantai Barat Sumatera.

"Dengan kerja keras dan kerja sama yang baik diantara panitia, stakeholders di Sibolga, Saya optimis kegiatan ini akan berjalan dengan baik. Juga tidak kalah penting kerja sama yang baik dari jajaran Pemerintah Pusat dan organisasi profesi lainnya, seperti International Maritime Pilots’ Association (INAMPA). Jika kegiatan ini berjalan dengan semestinya akan menyumbang PAD yang besar, sebap berputarnya roda ekonomi bagi Kota Sibolga," ungkapnya.

Selain itu President INAMPA, Pasoroan Herman Harianja juga menjelaskan, bahwa Seminar Kemaritiman ini akan memberikan manfaat, output, dan outcome bagi panitia penyelenggara Umrah dengan Kapal Laut dari Pelabuhan Kota Sibolga, sebagai ajang untuk sharing informasi, pengetahuan dan pengalaman dari berbagai pakar dan unsur pemerintah, BUMN, Swasta dan Akademisi, serta Organisasi profesi lainnya.

“Terminal penumpang Pelabuhan Sibolga ini adalah salah satu bangunan terbaik di Asia Pasifik. Maka wajar bila pak Jamaluddin ingin mengembalikan kejayaan Sibolga seperti di masa lampau. Bahkan, pada masa penjajahan, Pemerintah Belanda dulunya menjadikan Sibolga menjadi Ibu Kota Keresidenan Tapanuli," pungkasnya.