SERGAI - Beberapa waktu lalu, Wakil Bupati Serdang bedagai H Adlin Umar Yusri Tambunan  beserta Rombongan Dinas PUPR meninjau pekerjaan Insfrantruktur di Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai. Adapun tinjuan tersebut diantaranya Pembangunan pilar jembatan dan dinding penahan tebing dan drainase jembatan simpang buah serta lanjutnya  peningkatan ruas jalan di Dusun III Desa Bartong menuju Objek Wisata Arum jeram Ancol.
 
Hal ini disampaikan Kepala Dinas PUPR Kab, Sergai  Johan Sinaga melalui via seluler, Selasa(6/9/2022), menurutnya Jembatan Simpang nantinya akan dapat digunakan masyarakat menggantikan  jembatan gantung yang kondisinya sudah kurang memadai.
 
Sedangkan pembangunan jalan Dusun III Desa Bartong dilaksanakan untuk mendukung konektivitas destinasi wisata arung jeram di Kabupaten Sedang bedagai," ujar Kadis PUPR 
 
"Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dipimpin oleh bapak Bupati H Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan melalui Dinas PUPR Kabupaten Serdang Bedagai akan terus melanjutkan pembangunan insfranstruktur.
 
Hal ini, lanjut Johan. Demi mewujudkan konektivitas kawasan strategis seperti kawasan pariwisata, kawasan industri dan kawasan ekonomi dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Serdang Bedagai "ungkap Johan Sinaga.
 
"Dengan peningkatan konektivitas ini, akan menciptakan masyarakat Serdang Bedagai yang mandiri, sejahtera dan religius," pungkas Kadis PUPR Johan Sinaga 
 
Sebelumnya, di sela-sela peninjauan, Wakil Bupati Sergai H Adlin Tambunan mengungkapkan kalau dirinya dan Bupati Darma Wijaya memang aktif menggenjot pembangunan infrastruktur, utamanya jalan, di berbagai wilayah di Sergai. 
 
Pembangunan tersebut, ucapnya, tidak hanya bertujuan untuk memudahkan aktivitas keseharian masyarakat, akan tetapi juga menciptakan akses yang lebih mudah ke titik-titik destinasi wisata unggulan di Sergai.
 
"Kita sadari bersama, salah satu unsur penunjang kemajuan sektor pariwisata adalah adanya dukungan akses jalan yang memadai. Walau kualitas objek wisatanya bagus, tapi kalau jalan menuju areanya buruk, tentu akan berdampak negatif pada angka kunjungan wisatawan,” papar Adlin.
 
Menurut Wabup, arung jeram atau rafting di Bah Bolon popularitasnya belakangan makin meningkat di mata publik. Apalagi sejak Desa Buluh Duri yang menjadi lokasi objek wisata ini masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.
 
“Prestasi tersebut bukan main-main. Arung jeram ini mampu menyingkirkan ribuan desa wisata yang ada di Indonesia. Apalagi beberapa waktu yang lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pak Sandiaga Uno, hadir langsung menjajal keseruan berarung jeram di sini,” kata Adlin.
 
Dirinya berharap, pembangunan jalan sepanjang 1 kilometer ini dapat menjadi katalisator geliat ekonomi masyarakat sekitar.
 
“Rencananya jalan yang dibangun sepanjang 1 kilometer dengan 460 meter di antaranya aspal dan sisanya rigid beton. Semoga pembangunan ini akan meningkatkan kualitas objek wisata dan kuantitas pengunjung. Tentunya yang utama, dapat berpengaruh baik pada perekonomian warga,” tandasnya.
 
Apresiasi dan ucapan terima kasih warga Desa Bartong diwakili oleh Kepala Desa, Heriandi Damanik. Dia meyakini, pembangunan akses jalan ini akan berdampak langsung terhadap peningkatan jumlah kunjungan ke area arung jeram yang menjadikan desanya sebagai titik start.
 
“Ini merupakan bentuk nyata dukungan Pemkab Sergai terhadap pembangunan pariwisata,” pujinya.