PALAS - Tim Monitoring TP PKK Provinsi Sumut kunjungi Kabupaten Padanglawas (Palas) dalam rangka peninjauan desa binaan hati PKK atau percontohan pola asuh anak dan remaja (PAAR) tahun 2022,di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, Sabtu (3/9/2022). Kunjungan tim monitoring  dipimpin Sekretaris TP PKK Provinsi Sumut, Reza Pahlevi Lubis dihadiri pengurus TP PKK Kabupaten Palas, Kecamatan dan Desa.
 
Plt Bupati Palas, drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi diwakili  Sekda, Arpan Nasution S.Sos mengatakan, pembinaan desa percontohan merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakat secara kompetitif yang dimotori TP PKK dari tingkat kabupaten hingga desa.  
 
Pelaksanaan kegiatan perlombaan desa binaan dilaksanakan dalam tiga tahap yakni supervisi, monitoring dan evaluasi.
 
Kata Arpan, untuk tahap supervisi telah dilaksanakan pada Mei 2022 lalu dan hari ini tahap monitoring untuk memantau perkembangan pelaksanaan desa binaan di Kabupaten Palas.
 
Sekda berharap, tim monitoring dapat memberikan bimbingan, saran dan arahan untuk mendukung desa percontohan yang terpilih agar kedepan menjadi contoh dan panutan bagi desa lain yang ada di Kabupaten Palas.
 
Melalui TP PKK diharapkan bisa  mengoptimalkan lahan pekarangan rumah dengan menanam sayuran dan kebutuhan pokok lainnya guna menekan laju inflasi. 
 
Salah satu pemicu laju inflasi, lanjutnya, kenaikan harga bahan pokok termasuk cabe, yang sampai saat ini telah menginjak harga tertinggi 100 ribu perkg. 
 
Sementara, Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Palas.Ny Emma Nurul  melalui  Wakil Ketua I, Ny. Fathiyah Arpan  mengatakan, membina satu desa bukanlah suatu hal yang mudah karena desa yang dibina dihuni oleh masyarakat yang majemuk dengan tingkat pendidikan yang beragam.
 
Selain itu, tingkat kesejahteraan dan ekonomi yang variatif. Namun dengan jiwa yang tulus ikhlas serta didorong keinginan untuk mengabdi kepada masyarakat.
 
"Para relawan PKK dari tingkat kabupaten hingga desa menjadikan setiap tantangan sebagai penambah semangat dan pendewasaan diri untuk mencapai tujuan gerakan PKK Kabupaten Palas," terangnya.
 
Kata Fathiyah, untuk penilaian dan peninjauan tim monitoring Provinsi Sumut, TP PKK Kabupaten Palas memprioritaskan dua desa untuk dinilai yaitu
 
Desa Sibual - buali, Kecamatan Ulu Barumun kategori Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dan Desa Pir Trans Sosa 1A, Kecamatan Sosa Timur, untuk kategori Pemanfaatan Lahan Pekarangan (Hatinya PKK).
 
Selain itu juga, sambungnya, terdapat desa binaan TP PKK  bersama OPD Kabupaten Palas Tahun 2022 yaitu Desa Siparau, Kecamatan Barumun Tengah, kategori tertib administrasi PKK, Desa Pagaran Baringin, Kecamatan Barumun, kategori UP2K PKK dan Kecamatan Lubuk Barumun kategori Iva Test.
 
Ia mengharapkan,  bimbingan dan arahan tim monitoring provinsi guna pembinaan TP PKK Kabupaten Palas di waktu yang akan datang untuk mewujudkan visi misi gerakan PKK.
 
Untuk diketahui, Pokja I PKK kabupaten diketuai Ny.Yani Harjusli Fahri menampilkan beberapa kegiatan pola pembinaan dan pengasuhan anak dan remaja.
 
Diantaranya menampilkan jingle paredi, drama berjudul Akibat pernikahan dini, dimana keseluruhann perannya dimainkan para remaja Desa Sibual buali.
 
Penampilan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi pola pengasuhan anak dan remaja.
 
Sedangkan Pokja 3 diketuai, Ny. Rini Roni Saiful menampilkan paparan terkait kegiatan desa binaan Pir Trans Sosa 1A dalam pengelolaan lahan pekarangan rumah dengan menanam berbagai jenis  tanaman penyokong kebutuhan rumah tangga seperti sayuran, cabe, tomat dan lain sebagainya, juga Tanaman obat keluarga (toga) dan apotik hidup dengan berbagai macam media tanam dan perawatannya.
 
Ketua Tim monitoring Provinsi Sumut, Reza Pahlevi Lubis memberikan, beberapa saran dan masukan tentang pengelolaan desa percontohan kategori PAAR dan Aku Hatinya PKK terkait langkah dan kiat kiat pembinaan pola asuh anak dan remaja  serta pengolahan lahan pekarangan rumah.
 
Turut hadir, Kadis PMD Palas, Amrin Faisal Siregar, Kadis Pertanian Falah Alfitri Daulay S.TP, Kadis Peternakan, Agussalim Hasibuan, S.Pt, Kadis BLH,Ongku Bosar Daulay, S.Pd, Kadis Perindag Gojali, SE.