TOBA - Rute penerbangan dari Jakarta - Silangit kini bertambah pelayanannya untuk mempercepat dan peningkatan payanan transportasi udara bagi para wisatwan akan berkunjung ke Danau Toba. Untuk rute penerbangan Jakarta - Silangit oleh maskapai penerbangan AirAsia dengan resmi membuka rute domestik Jakarta-Silangit, Sumatera Utara Jumat (02/9/2022) oleh CEO Capital A Tony Fernandes.
 
Pada kesempatan fiacara peresmian pembukaan jalur Domestik AirAsia Jakarta - Silangit CEO Capital A Tony Fernandes mengatakan, rute ini bakal menjadi salah satu rute utama AirAsiai.
 
Disampaikannya, untuk tahap awal, AirAsia akan melayani rute penerbangan Jakarta - Silangit 3 kali dalam seminggu setiap bulannya pada setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu.
 
Untuk jenis pesawat yang digunakan adalah pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang dengan jatah bagasi gratis 20 kg dan jatah bagasi kabin 7 kg.
 
Pada penerbangan perdananya nanti AirAsia mengangkut 134 penumpang AirAsia dalam misi pelayanan penerbangannya tetap berkomitmen mendukung pengembangan destinasi wisata di Indonesia. 
 
"Hal ini diwujudkan dengan menambah rute-rute baru yang nantinya akan berkolaborasi dengan UMKM hingga masyarakat sekitar," ujar Tony Fernandes dalam sambutannya di acara peresmian route penerbangan baru AirAsia Jakarta  - Silangit.
 
Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan dalam keterangan pers tertulisnya yang disampaikan Devisi Humas BPODT kepada Gosumut.com mengatakan, langkah yang dilakukan AirAsia adalah sebuah peluang bagi Danau Toba karena alah satu hal yang terpenting dalam pariwisata adalah akses.
 
Lanjut Jimmy, dengan adanya jalur penerbangan baru dari maskapai penerbangan AirAsia, maka hal ini akan membuat kita semakin optimis ke depannya, pariwisata Danau Toba akan semakin lebih maju dan meningkat.
 
Jimmy berharap dengan dibukanya rute Jakarta-Silangit, para wisatawan akan semakin lebih banyak berkunjung ke Danau Toba.dengan demikian para pelaku UMKM/pelaku wisata ekonominya akan bangkit serta perputaran perekonomian dimasyarakat berjalan lebih meningkat sehingga masyarakat Danau Toba semakin sejahtera.
 
“Semakin banyak wisatawan hadir berwisata ke Danau Toba akan tentu akan mendongkrak berbagai peluang usaha ekonomi bagi warga khususnya bagi stakeholder pariwisata dan pelaku UMKM serya pelaku wisata lainnya untuk bangkit lebih maju. Dengan banyaknya wisatawan berkunjung ke Danau Toba, akan dapat merubah taraf hidup ekonomi keluarga dan seluruh masyarakat kawasan Danau Toba, seirinhbwaktu berjalan kehidupan masyarakat Danau Toba akan semakin lebih baik dan sejahtera” ujar Jimmy.