TOBA - Hujan lebat yang melanda kawasan Toba Caldera Resort dan mengakibatkan terjadi longsor gunung sampai menutupi ruas jalan serta menghancurkan saluran pipa air bersih yang merupakan sarana air bersih bagi warga Sigapiton. Untuk mengatasi bencana tersebut warga bersama BPODT dibantu personil Koramil Lumbanjulu bergotong royong bersama serta Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) memberikan bantuan pipa untuk menggantikan pipa air bersih yang telah rusak dan hancur untuk secepatnya diperbaiki dan disambungkan kembali.

Pipa air bersih yang hancur akibat longsornya lereng gunung Sibisa kawasan TCR diketahui digunakan warga dibawanya (warga Sigapiton) mengalirkan sumber air bersih ke rumah rumah penduduk Desa Sigapiton.

Untuk memperbaiki dan menyambungkan kembali pipa air bersih bersama masyarakat setempat pihak management BPODT ikut serta turun langsung untuk pemasangan dan perbaikan pipa air bersih.

Pemberian bantuan pipa BPODT merupakan wujud nyata dukungan dan kepedulian BPODT atas kerusakan pipa air bersih Desa Sigapiton yang diakibatkan curah hujan lebat di beberapa hari lalu mengakibatkan lereng gunung lokasi pipa air bersih longsor.

Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan dalam keterangan persnya yang diterima Gosumut, Kamis (1/9/2022) mengatakan, ini merupakan langkah cepat pertama dalam upaya penanganan dampak bencana longsor lereng gunung yang mengakibatkan kerusakan pada pipa saluran air bersih selama guyuran curah hujan yang deras melanda kawasan Toba Caldera Resort di beberapa hari lalu.sebutnya.


"Setelah mendengar dan mengetahui adanya pipa saluran air bersih menuju Desa Sigapiton telah hancur akibat longsornya lereng gunung di seputaran kawasan TCR akibat curah hujan deras, kami langsung melakukan pengecekan ke lapangan untuk memastikan kerusakan jumlah pula yang hancur serta melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Sigapiton," ujarnya. 


Kades dalam harapannya lanjutnya, menyampaikan fokus utama di desa Sigapiton adalah air bersih dan berharap jangan sampai lama pipa saluran air bersih tidak bisa difungsikan. karena untuk kebutuhan warga Sigapiton akan air bersih bersumber dari aliran pipa yang hancur. 


Setelah mendengar penjelasan Kepala Desa pihaknya langsung bergerak dan memberikan bantuan pipa air untuk dapat segera menyambungkan kembali air bersih ke rumah masyarakat Desa Sigapiton.

Sementara Kepala Desa Sigapiton Hisar Butarbutar mewakili warga desanya mengucapkan terima kasih kepada BPODT dan management yang telah berupaya dan bergerak cepat membantu dan memberikan bantuan pipa baru untuk digunakan warga Menganti dan menyambungkan kembali air bersih.

Dengan kepedulian dan bantuan dari BPODT masyarakat Sigapito telah terbantu dan terselamatkan akan kebutuhan air bersih dimana sebelumnya telah hancur akibat longsoran lereng gunung.dengan bantuan pipa yang diberikan BPODT air bersih kembali mengalir ke rumah masyarakat Desa Sigapiton dengan baik.