LHOKSEUMAWE – Panglima Kodam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin,SE,MSi melalui program Bina Teritorial (Binter) melakukan bedah rumah sebanyak 30 unit di Jalan Pertamina Dusun V Kebun Baru, Desa Hamparan Perak, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, Kamis (1/9/2022). “Bedah rumah untuk warga miskin melalui program Bina Teritorial (Binter) terutama Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi kepedulian TNI kepada warga masyarakat yang tinggal di Desa Hamparan Perak, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Dengan program ini mudah-mudahan menjadi penyemangat bagi warga miskin dan akan tinggal dirumah yang layak huni,” ungkapnya.
 
Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin langsung melakukan peletakan batu pertama terhadap pembangunan rumah tidak layak huni itu dan disaksikan oleh Dandim 0201/Medan Kol Inf Ferry Muzawwad,S.IP,MSi, Pabandya Bhakti Kodam I/BB Mayor Eko Yudho Prayitno,S.IP serta  Camat Hamparan Perak dan tokoh masyarakat lainnya. “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, peletakan batu pertama pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dimulai,” kata Pangdam.
 
Dikatakan, Kodam I/Bukit Barisan menjalankan program Bina Teritorial (Binter), dengan melakukan rehab rumah warga, diantarannya milik salah seorang warga miskin Jasmi (58) dari rumah belum layak menjadi rumah layak huni.
 
“Dalam rangka Binter ini, kita sesuaikan dengan kondisi wilayah. Saat ini kita melakukan bedah rumah di Desa Hamparan Perak sebanyak 30 unit,”  tutur Panglima Kodam itu.
 
Selain pembangunan bedah rumah yang menjadi program Binter, Kodam I/BB juga membangun sector pertanian jagung  daerah Tuntungan, serta kawasan pengembangan didekat Bandara Kualanamu, begitu juga diarea kawasan pesisir dengan pengembangan budidaya ikan.
 
“Kegiatan Binter ini sebagai wujud TNI untuk membantu warga masyarakat yang membutuhkan,  dalam situasi damai seperti ini TNI terus melakukan kerjasama semua stakeholders, untuk mewujudkan pembinaan territorial yang berkualitas. Dan kita berharap target 30 unit rumah yang sedang dibangun di Desa Hamparan Perak bisa terlaksana sesuai yang diharapkan,” jelasnya.
 
Sementara itu, Jasmi (58) salah satu warga yang menerima bantuan perehaban rumah, mengucapkan terima kasih kepada Pangdam l/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE, M.Si yang telah peduli kepadanya dan warga lainnya.
 
Jasmi menceritakan bahwa dirinya tinggal sendiri dirumah yang tidak layak huni di Jalan Pertamina, Dusun V Kebun Baru, Desa Hamparan Perak. Setiap hujan Jasmi harus tidur di kursi dengan kondisi rumah yang banjir dan tanpa penerangan. “Syukur Alhamdulillah saya ucapkan kepada Bapak Pangdam, rumah saya akan direhab,” tuturnya, sambil mengaku memiliki 8 orang anak.
 
Diakhir acara peletakan batu pertama, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin membagikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu sebanyak 300 orang.