TOBA -Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak menerima kehadiran rombongan Mahasiswa Universitas HKBP Nomensen Medan dan KSPPM, Kamis (1/08/2022).
 
Tonny menyambut baik dan mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih atas kunjungan para mahasiswa Universitas Nommensen Medan yang didampingi pengurus Kelompok Studi dan Pengembangan Prakarsa Masyarakat (KSPPM).

Dalam kesempatan tersebut rombongan menyampaikan berbagai hasil pengamatan mahasiswa tentang beberapa permasalahan yang dialami dan dirasakan oleh warga masyarakat di Desa Janji Maria Kecamatan Borbor Kabupaten Toba dalam hal pertanian, kesehatan, akses internet dan permasalahan tanah adat yang telah disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Toba.

Menyikapi paparan Mahasiswa dan KSPPM itu Tonny menyampaikan "Bulan September ini Pemkab Toba bersama OPD terkait akan berkunjung langsung ke Desa Janji Maria untuk melihat secara langsung situasi dan kondisi yang ada di desa," kata Wabup Tonny keoada rombongan.

Saat menerima Rombongan Audiensi Mahasiswa dan KSPPM, Wabup Tonny didampingi pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Kadis Pertanian T.H Sitorus, Plt.Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kadis Lingkungan Hidup Raja Ipan Sinurat, Kadis Kesehatan dr. Freddi Seventry Sibarani bersama sejumlah staf.

Sebelumnya salah seorang pengurus LSM KSPPM, Rocky Pasaribu mengutarakan secara ringkas dan jelas sejumlah keluhan masyarakat Desa Janji Maria di bidang pertanian, kesehatan, akses internet dan tanah adat.

Terkait pertanian pihak mahasiswa dan KSPPM langsung meminta dinas pertanian agar bersedia menjadi narasumber di peringatan Hari Tani Nasional pada 24 September mendatang yang direncanakan digelar di Kecamatan Uluan,Toba.

Mewakili rombongan mahasiswa HKBP Nomensen Medan Vebrina Sihotang menyebutkan ternyata mereka melihat di desa tersebut memiliki potensi bertanaman jeruk.ini kami metahui disaat kami melakukan kunjungan Mahasiswa ke desa tersebut,melihat tanaman jeruk disana kami kaget karena jeruknya bagus, ternyata tanaman jeruk bisa tumbuh dengan baik di sana dan layak dikembangkan," kata Vebrina.

Vebrina juga menyampaikan keluhan warga akan kondisi minimnya petugas serta fasilitas kesehatan dan tidak ada jaringan internet.

Meyikapi keempat bidang yang disampaikan mahasiswa dan KSPPM secara bergantian direspon setiap pimpinan OPD terkait.

Kadis Kesehatan dr.Freddy Seventry Sibarani dalam pemaparannya menyampaikan, pihak Dinas Kesehatan segera menempatkan bidan desa untuk bertugas desa yang disebutkan berbagai fasilitas pelayanan kesehatanainnya bagi warga desa.

Untuk bidang tanah adat pihak Dinas Lingkungan Hidup segera turun mengindentifikasi dan bidang pertanian.Kadis Pertanian T.H Sitorus menjelaskan,terkait kondisi pupuk kimia yang hanya sekitar 30 persen dari Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK).

Merespon semua yang disampaikan Mahasiswa dan KSPPM Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjutak mengatakan "terkait dengan apa yang dimohonkan silahkan disurati ke Pemkab Toba untuk permohonan narasumber nantinya,"kata Wabup Tonny.

Disampaikan Tonny, "saat ini Pemerintah Kabupaten Toba tengah gencar-gencarnya mensosialisasikan gerakan tanam dua kali panen dua kali,"sebutnya.

Terkait jaringan internet, Plt. Kadis Kominfo Sesmon Butarbutar menjelaskan saat ini ada sekitar 35 desa area blank spot di Kabupaten Toba diantaranya desa Janji Maria.

Dijaskan Sesmon, solusinya untuk penagadaan jaringan internet di desa, bisa dilakukan melalui penggunaan anggaran Dana Desa (DD).untuk ini akan dikoordinasikan dengan desa bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD-PPA) Kabupaten Toba.sebut Sesmon.

Seusai audiensi, pengurus LSM KSPPM, Rocky Pasaribu kepada MC Toba dan awak Media menyampaikan apresiasi atas sambutan Pemkab Toba melalui Wakil Bupati Tonny M Simanjuntak.

Rocky juga meyebutkan "Hari ini kami melakukan audiensi dengan Pemkab Toba, KSPPM bersama mahasiswa/i Universitas HKBP Nomensen.dimana sebelumnya kami telah melakukan kunjungan selama 7 hari di desa.di desa kami dapati beberapa permasalahan yang sangat perlu untuk secepatnya direspon oleh Pemkab Toba.semuanya tadi telah kami sampaikan dengan empat masalah diantaranya masalah Pertanian, Kesehatan, dan akses Internet serta permasalahan tanah adat," katanya.

"Jawaban dari Pemerintah Kabupaten Toba melalui Wabup dalam audensi kami tadi cukup sangat positif, kami juga sangat mengapresiasi, khususnya terkait kesehatan dan akses internet berikut tanah adat.disampaikan Wabup dan OPD terkait mereka akan segera menyikapi dan merespon ini sesegera mungkin.pak Wakil juga menjanjikan dalam bulan September ini akan berkunjung langsung ke Desa Janji Maria untuk melihat situasi, realita yang ada di desa," katanya melanjutkan.

"Semoga dengan pertemuan audensi hari ini, menjadi sebuah harapan yang baik dan baru untuk masyarakat Toba secara umum," ucap Rocky.