MEDAN –Sahat Lumbantobing (56), seorang pengemudi ojek online yang telah lama terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan mengaku bahwa dirinya sangat merasakan manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional. 
 
Ditemui saat melakukan pengkinian data kepesertaan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Medan pada Rabu (10/08), ia menceritakan pengalamannya sebagai peserta Program JKN.

“Awalnya saya terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dari perusahaan tempat saya bekerja, waktu itu saya masi bekerja di PT Sinar Mas Deli Plaza. Demikian juga dengan istrinya yang bekerja di perusahaan Farmasi,” ungkap pria yang akrab dipanggil Sahat tersebut.

Sahat melanjutkan ceritanya bahwa sehari-harinya ia jarang menderita sakit yang cukup berat, selama ini dirinya hanya terkena flu atau demam ringan. Ia menceritakan bahwa dirinya terdaftar di Puskesmas Jalan Karya Jaya – Johor, prosedur pengobatan yang dijalaninya saat rawat jalan di Puskesmas tersebut dirasanya cukup baik.

“Prosedur berobatnya tidak macam-macam, setelah mendaftar kita tidak menunggu lama untuk diperiksa dan diberikan resep untuk mengambil obat,” ujar Sahat.

Covid menjadi satu-satunya sakit parah yang pernah diderita oleh Sahat. Setelah berhenti bekerja dari perusahaan tempat dirinya bekerja terdahulu, ia mulai mencoba menjadi pengemudiojek online untuk menyambung hidup dan memberikan nafkah kepada keluarganya. Meskipun sudah tidak lagi bekerja dalam perusahaan, ia tidak lupa untuk tetap mengurus kepesertaannya agar tetap aktif mengingat manfaat yang sangat besar dari BPJS Kesehatan.

”Saya ini bawa ojek online dan jam kerja saya juga tidak teratur, biasanya jam 12 malam baru kembali ke rumah. Sekarang ini juga saya sudah cukup berumur sehingga kena hujan dan angin malam juga bisa menimbulkan penyakit,” ujarnya dengan penuh keceriaan.

Mengakhiri pembicaraan, Sahat Lumbatobing mencucapkan terima kasih atas pelayanan yang telah ia terima selama memanfaatkan Program JKN. Pelayanan yang ia terima baik dari BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan dirasakan cukup baik dan memuaskan dirinya dan keluarga. Ia juga mendoakan agar program ini terus berjalan.

“Terima kasih BPJS Kesehatan untuk pelayanannya yang sangat baik. Saya sudah merasakan sangat terbantu dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan ini. Semoga BPJS Kesehatan maju terus dan sukses,” kata Sahat mengakhiri pembicaraan.