LHOKSEUMAWE -Pangdam Iskandar Muda (IM) Mayjen TNI Mohammad Hasan mendampingi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia Ir. Harvick Hasnul Qolbi melakukan tanam jagung perdana seluas 64 hektar di Dusun Adil Makmur I, Desa Tenggulun, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (31/8/2022).
 
Kegiatan tanam jagung raya itu, turut dihadiri antara lain, Danrem 011 Lilawangsa Kolonel Inf Bayu Permana, Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, Staf Khusus Menteri Pertanian RI, Kadistanbun Aceh Ir. Cut Huzaimah, Dandim 0117/Atam Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi, serta tamu undangan dan ratusan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia Ir. Harvick Hasnul Qolbi menyampaikan terima Kasih atas penyambutan meriah kepada unsur daerah serta masyarakat Aceh Tamiang.

Harvick Hasnul Qolbi juga menyampaikan pesan Presiden Jokowi, agar NKRI selalu dijaga dan pertumbuhan ekonomi Indonesia sekarang ini masih dalam posisi baik.

"Kedatangan saya ini sekaligus menyatakan bahwa pemerintah hadir dan bahu membahu agar kedaulatan pangan bisa tercapai termasuk dalam sektor pertanian jagung," sebutnya.

Lebih lanjut Wamentan mengatakan, berkaitan krisis pangan global secara internasional, menurutnya, Indonesia sejauh ini masih dalam posisi yang positif, aman dan belum ada kekurangan.

"Produktivitas jagung tentu kita sampai hari ini terlampaui, sebenarnya memang impor kita sudah lama sekali tidak berjalan atau berhenti, jadi beberapa tahun belakang kita memang surplus," terangnya.

Sementara itu, Pangdam IM Mayjen TNI Mohammad Hasan menyebutkan, terima kasih kepada seluruh masyarakat yang hadir dalam mensukseskan acara program penggiat ketahanan pangan seluruh Indonesia dan terkhusus di Kabupaten Aceh Tamiang.

"Saya selaku Pangdam akan mendukung menyukseskan ketahanan pangan melalui Kodim 0117/Aceh Tamiang sampai ke sektor paling bawah Babinsa, membantu mengatasi kesulitan masyarakat, diharapkan penanaman jagung raya ini dapat bermanfaat dan membantu perekonomian masyarakat secara baik, khususnya di Aceh Tamiang, " katanya.

Diakhir acara, Wamentan RI Ir. Harvick Hasnul Qolbi memberikan cinderamata kepada Gapoktan Makmur Jaya Desa Tenggulun secara simbolis, diantaranya, Padi dan Jagung Hibrida, Kedelai, Alsin Corn Sheller 2 unit dan Power Threser 1 Unit, bibit cabai, rehabilitasi jaringan irigasi tersier 13 unit, Pembangunan Embung Pertanian 1 unit, pembangunan irigasi perpompaan besar 1 unit.