PALAS - Membudayakan kegiatan gotong royong di tengah masyarakat sebagai bentuk kepedulian lingkungan bersih dan indah. Kepala Desa Aek Bargot, Kecamatan Sosopan, Hendri Hasibuan bersama warga membersihkan jalan lingkungan desa.

"Sasaran gotong royong kebersihan lingkungan desa menyasar ke lokasi gorong-gorong yang tersumbat dan lingkungan desa yang semak belukar untuk dibersihakn secara bersama," kata Hendri, Selasa (30/8/2022).

Dikatakan, kegiatan gotong royong ini sebagai bentuk peduli lingkungan desa dan menjaga kebersihan agar terlihat indah dan bersih.

Selain itu, lanjut Kepala Desa mengantisipasi bencana banjir dan pencegahan serangan dari berbagai penyakit, apalagi saat ini musim penghujan akan rawan penyakit demam berdarah akibat genangan air yang tidak mengalir menyebabkan munculnya nyamuk aedes aegypti pembawa virus DBD.

Ia juga memgimbau, warga agar lebih waspada jika banyak nyamuk Aedes aegypti yang berterbangan di sekitar rumah dan lingkungan jika memasuki musim penghujan.

"Menjaga kebersihan lingkungan, salah satu upaya mencegah terjadinya banjir dan menghindari datangnya berbagai penyakit," ucapnya.

Lanjut Hendri, kepedulian warga menjaga lingkungan tetap bersih dengan semangat gotong royong menjadi unsur penting dalam melestarikan lingkungan desa yang indah dan bersih.

"Peran serta masyarakat dalam mendukung pembangunan desa yang lebih baik menjadi tolak ukur keberhasilan pemerintah desa dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian," tambahnya.