TOBA - Sesuai data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Toba sebanyak 47 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang harusnya dilantik dan dalam jabatan pimpinan pratama, jabatan administrator dan jabatan fungsional di lingkungan pemerintah Kabupaten Toba bertempat ruangan gedung balatai daya lantai IV kantor Bupati Toba, Senin (29/8/2022). Namun saat pelantikan yang pimpin Bupati Toba Poltak Sitorus bersama Wakil Bupati Tonny M Simanjuntak, hanya 41 orang yang hadir.

Kabid Mutasi BKD Kabupaten Toba Jerry Tampubolon usai pelantikan mengatakan dari jumlah tersebut, 1 orang sedang menjalankan tugas keluar daerah. Namun sisanya akan lakukan pengecekan ulang sesuai daftar hadir pelantikan.

Dalam pelantikan yang digelar sesuai pantauan www.gosumut.com, dalam pengambilan sumpah jabatan jabatan tersebut, 6 orang tidak hadir. Tidak diketahui dengn jelas apa penyebab dan alasan ketidak hadiran mereka.

Sekda Kabupaten Toba Drs Augus Sitorus usai dilantik menjadi Sekda definitf mengatakan, ke 6 orang yang tidak hadir mengikuti pelantikan dan pengangkatan sumpah janji kemungkinan bisa diulang kembali.

Secara struktural lanjutnya, sudah ada penilaian dan pertimbangan. Sementara untuk melengkapi ketidakhadiran mungkin akan dipanggil kembali.

Terkait dengan beberapa OPD yang hingga saat ini pejabatnya masih Pelaksana Tugas (Plt) dijelaskan Sekda, tertundanya pelantikan pejabat yang nasih Plt saat ini dikarenakan kemampuan akan ketersedian anggaran Pemkab Toba di TA-2022 ini masih terbatas.

Namun untuk 11 OPD yang saat ini masih Pelaksana Tugas (Plt) akan dicoba dan diupayakan dianggarkan untuk ditampung di P-APBD Toba TA-2022 ini untuk dapat dilaksanakan seleksi pimpinan pejabat tinggi pratama pemkab Toba.

Sekaitan juga dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba yang hingga saat ini masih Pelaksana Tugas (Plt) yang dijabat oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Toba Rikardo Hutajulu Bupati Toba Poltak Sitorus mengatakan, belum dilantiknya Kepala Dinas Pendidikan karena Anggaran Pemkab Toba yang masih terbatas saat ini.

"Berdasarkan pengamatan dan penilaian saya sejauh ini dia menjalankan tugas dengn baik dan maksimal,buktinya dengan berbagai capaian capaian di bidang pendidikan dengan berbagai prestasi prestasi pendidikan, jadi tidak kita ragukan beliau ini dalam kandidatnya untuk menjalankan tugas.

Jadi sekali lagi saya sampaikan, untuk Pelaksana Tugas (Plt) ini tidak menjadi sebuah alasan kita untuk menjadi berprestasi harus ditunjukkan prestasinya.jadi disaat lelang jabatan sudah ada kinerjanya yang baik dan sangat berpengaruh dan akan menjfi sebuah penilaian yang baik disaat lelang jabatan," sebut Poltak.

Turut serta hadir mengikuti dan menyaksikan acara pelantikan mewakili Kajari Toba Samosir Richard Sembering,SH Kasi Pidsus Kejari Toba Samosir, Mewakili Dandim 0210/TU Perwira Penghibung Moyor Kaminton Napitupulu, mewakili Kapolres Toba AKP.Agus Salim Siagian Kapolsek Balige, Ketua TP PKK Kabupaten Toba, dan para pejabat lainnya jajaran Pemkab Toba.