TOBA - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Toba melakukan pembersihan berbagai sedimen sampah di paritan Jalan Patuan Anggi terminal mini Ajinamoto Kota Balige tepatnya di depan kantor Sub Denpom I/2-6 Balige, Selasa (30/8/2022). Aksi yang dikomandoi Kepala Dinasnya dr Raja Ipan Sinurat ini dibantu beberapa stafnya dan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Toba.
 
Kegiatan ini, untuk membersihkan sampah yang menyumbat saluran gorong-gorong. Bahkan salah seorang petugas kebersihan masuk ke dalam lobang gorong-gorong untuk menarik dan sedimen lumpur yang mengendap.
 
Di musim penghujan dengan curah hujan yang deras, Jalan Patuan Anggi kota Balige sering mengalami tergenang banjir air hujan akibat paritan dan gorong gorong sebagai saluran pembuangan air banyak ditutupi sampah pelastik, ranting kayu, botol mineral dan botol plastik minuman lainnya serta lumpur yang mengendap.
 
Turut serta hadir dalam pembersihan tersebut, Plt Kadis Tarukim, didampingi 2 Kepala Kelurahan Kelurahan Lurah Napitupulu Bentara Naputupulu dan Lurah Lumban Dolok Lasma F Simanjuntak.
 
Kadis Perkim Kab Toba Tagor Siburian ketika dikonfirmasi mengatakan, untuk mengantisipsi terjadinya banjir di seputaran Kota Balige di masa musim penghujan perlu ada perawatan rutin untuk seluruh paritan kota Balige.
 
Disampaikan Tagor ada beberapa saluran paritan yang tidak berfungsi dengan baik diantaranya samping kantor Kejari Balige, Jalan DI Panjaitan mulai depan Indomaret sampai ujung yang kesemuanya tertutupi oleh berbagai sedimen sedimen sampah.Untuk itu semua saluran yang tidak berfungsi dengan baik harus segera ditangani dan dibongkar secara bertahap untuk membersihkan berbagai sedimen sampah dari paritan.
 
Selanjutnya untuk membuat saluran berfungsi dengan normal dan baik harus ada dibuka saluran pemecah atau pemisah aliran supaya air yang mengalir tidak tertumpu alirannya dalam satu paritan aliran air.
 
Sementara Kadis Lingkungan Hidup menyampaikan, untuk optimalisasi pembersihan seluruh saluran paritan di kota Balige yang mampet akibat berbagai sedimen sampah akan dilakukan secara bertahap dan terus menerus untuk menciptakan Kota Balige Barsih mendukung program Destinasi Pariwisata.
 
Dalam upaya mengoptimalkan kebersihan dan kelancaran paritan Kota Balige, koordinasi dan kerja sama dengan beberapa SKPD harus terjalin antara  Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perkim, Dinas PUTR, Pol PP dan Damkar serta pihak Kelurahan dan Kecamatan.
 
Lanjutnya, kota Balige harus diciptakan menjadi kota bersih, indah, aman dan nyaman sebagai ibu kota Kabupaten menuju Toba unggul dan bersinar dengan prinsip Batak Naraja.