PALAS -Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset, salah satu madrasah yang terpilih mengikuti kurikulum merdeka di Kabupaten Palas.
 
Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahnidar Azwarni Nasution S.Ag mengatakan, dengan terpilihnya madarasah ini ikut kurikulum merdeka, tentu seluruh tenaga pendidik harus ikut melaksanakan desiminasi kurikulum merdeka.

"Desiminasi kurikulum merdeka ini dilaksanakan madrasah melibatkan wakil kepala madrasah dan para guru-guru pendidik," katanya usai kegiatan desiminasi di ruang guru MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Senin(29/8/2022).

Mahnidar berharap, dengan adanya desiminasi ini mampu saling bertukar informasi, yang akhirnya menciptakan inovasi pengembangan pengajar yang wajib menyiapkan instrumen mengajar.

Untuk kegiatan desiminasi ini, lanjutnya, Mahnidar memberikan delegasi kepada Wakil Kepala Madrasah bidang Humas, Muhammad Balyan S.Pdi menjadi narasumber untuk bimbingan teknis implementasi kurikulum merdeka.

Ia menambahkan, materi yang disampaikan dikegiatan Impelementasi kurikulum merdeka terkait perubahan kurikulum yang sudah dikeluarkan Kemendikbud Ristekdikti.

"Perubahan kurikulum sebagai bentuk pengembangan dalam mengajar sehingga apa yang disampaikan ke peserta didik bisa lebih berinovasi," terangnya.

Ia menambahkan, perubahan kurikulum buka suatu yang berat, tetapi harus berkembang dan berinovasi.

Pada tahun pelajaran 2022-2023 ini, kata Mahnidar, pihak madrasah menerapkan kurikulum merdeka khususnya bagi peserta didik kelas X dan secara bertahap juga akan diterapkan ke semua peserta didik untuk kelas XI dan XII.