TOBA- Pasca bencana alam banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah di Kabupaten Toba, pemerintah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forkopimda dan Stakeholder di ruang R
rapat lantai 3 Kantor Bupati Toba, Senin (29/8/22). 
Rakor digelar dalam upaya penanganan dan penaggulangan serta berbagai upaya pencegahan terjadinya bencana susulan. 
 
Rapat dipimpin Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi Wakil Bupati Tonny M. Simanjuntak dan dihadiri Pj Sekda Toba, Drs Augus Sitorus serta OPD terkait.
 
Turut hadir juga Pejabat Balai Wilayah Sungai Sumut II (BWSU II) Sampe Hutapea, unsur Forkopimda, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra, perwakilan BUMD, BUMN, Camat Porsea Robert Manurung,SH, Camat Parmaksian Paiman Butarbutar dan Plt.Camat Lumbanjulu Herta Simanjuntak.
 
Poltak Sitorus dalam arahannya, mengajak seluruh stakeholder untuk mengoptimalkan penanganan pasca bencana.  
 
"Penyediaan air bersih, dapur umum, tenda penampungan sementara, makanan dan obat-obatan serta toilet dan fasilitas lainnya bagi warga yang terdampak bencana harus cepat diadakan dan dilaksankan," ujar Poltak.
 
Untuk penanganan dan pemindahan berbagai material banjir dan longosoran gunung harus dioptimalkan serta melaksanakan tindakan antisipasi untuk upaya pencegahan longsor dan banjir susulan, papar Bupati. 
 
Dipelaksanaan rakor yang digelar akan dibentuk Satgas Penanganan Bencana yang melibatkan beberapa Stakeholder terpadu di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas PUTR, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, BWSS II Sumut dan TNI/Polri.
 
Pasca hujan lebat yang menguyur Kabupaten Toba dalam kurun waktu semalaman (Sabtu 27/8/2022 hingga 28/8/2022) mengakibatkan bencana gunung longsor dan banjir bandang yang terjadi di beberapa wilayah di Toba, di antaranya di Kecamatan Lumbanjulu, Parmaksian dan Kecamatan Porsea yang meluluhlantahkan puluhan Hektar lahan persawahan milik warga desa dan membanjiri puluhan rumah dan pemukiman penduduk serta mengakibatkan kerusakan di berbagai infrastruktur jalan.