TOBA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Toba dibawah komando Candro Manurung SH menggelar bakti sosial dengan kegiatan vaksinasi Covid-19 sekaligus bagi-bagi sembako kepada warga masyarakat Kabupaten Toba bertempat di komplek mess Pempropsu Jln.DI Panjaitan Balige, Sabtu (27/8/2022).

Kegiatan ini sesuai instruksi Ketua Umum IPK Budi Panggabean yang meminta supaya seluruh jajaran DPD IPK di Indonesia menggelar bhakti sosial dan bagi bagi Sembako kepada warga masyarakat yang membutuhkannya sebagai rangkaian acara perayaan HUT IPK ke 53 tahun yang lahir 28 Agustus 1969.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal oleh IPK DPD Kabupaten Toba dipimpin langsung Kepala UPT Puskesmas Tandang Buhit Balige Kecamatan Balige dr Freddy Sibarani M Mkes dibantu dengan para petugas medis jajarannya.

dr Freddy saat dikonfirmasi  www.gosumut.com di lokasi kegiatan menjelaskan vaksinasi diberikan untuk masyarakat umum mulai dari vaksin 1, 2, 3 dan 4.

Dijelaskannya, untuk vaksin 1 adalah untuk para warga yang belum divaksin sama sekali, vaksin 2 tindak lanjut vaksin 1 dan vaksin 3 tindak lanjut vaksin 1 dan 2 yang sudah divaksin sebelumnya, serta Vaksin 4 saat ini dikususkan khusus untuk tenaga Kesehatan (Nakes) dengan jenis vaksin yang disediakan adalah Vaksin Sinovac dan Vaksin PFizer.

Kegiatan ini dilaksanakan lanjutnya, sesuai  pemberitahuan dan undangan dari DPD IPK Kabupaten Toba dalam rangka perayaan HUT IPK Ke 53 tahun 2022 yang menggelar bhakti sosial suntik Vaksinasi Covid-19, sebagaimana kita ketahui bahwa IPK adalah salah satu organisasi Kemasyarakatan yang telah memiliki nama besar di NKRI..

Candro Manurung yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba dari Fraksi Nasdem
dalam keterangan persnya menjelaskan, kegiatan vaksinasi covid-19 dan bagi-bagi sembako sebagai wujud dukungan sosial IPK kepada masyarakat sebagaimana IPK adalah kumpulan dan organisasi kemasyarakatan di Indonesia sesuai ketetapan undang undang keorganisasian di NKRI.

Pelaksanaan bakti sosial IPK ini wujud nyata mendukung proogram pemerintah pusat hingga daerah untuk menguatkan kesehatan fisik warga masyarakat pasca serangan paparan wabah Pandemi Covid-19 saat ini berikut dengan berbagai varian barunya yang masih ada hingga saat ini.

Oleh karenanya melalui kegiatan bakti sosial pada perayaan HUT IPK ke - 53 pihaknya mengimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berkenan dan tidak takut untuk di vaksin demi kesehatan dan keselamat jiwa kita betsama dari paparan wabah pandemi Covid-19.

Dijelaskannya, kegiatan yang kami gelar ini berdasarkan instruksi Ketua Umum IPK Budi Panggabean sebagai wujud nyata kepedulian dan dukungan IPK kepada Pemerintah dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran wabah pandemi Covid-19 di masyarakat luas serta pembagian sembako sejumlah 250 paket oleh DPD IPK Kabupaten Toba kepada beberapa keluarga miskin yang sangat membutuhkannya.

Dalam kesempatan ini acara juga dirangkai dengan pelaksanaan pemeriksaan virus HIV kepada setiap warg demikian juga kepada anggota IPK oleh tim medis UPT Puskesmas Tandang Buhit Balige.

Sementara Sekretaris DPD IPK Toba Hitjon Pangaribuan mengimbau seluruh masyarakat dalam berkegiatan kesehariannya khususnya bila berkegiatan dikeramaian tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah serta tetap mengenakan masker.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD IPK Kabupaten Toba juga menyerahkan bantuan sosial berupa minyak goreng secara simbolik kepada salah satu warga penerima bantuan usai divaksin didampingi langsung Sekretaris Hitjon Pangaribuan, Bendahara Mangarti Sigalingging beserta di ikuti beberapa Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPK DPD se Kabupaten Toba.