PALAS – Lomba panjat pinang mewarnai pesta rakyat HUT RI ke 77 yang digelar muda-mudi anak karyawan PTPN IV Unit PKS Sosa sebagai bentuk mewarnai semarak kemerdekaan berlangsung meriah, Minggu (21/8/2022). Keseruan dan kebersamaan sangat terasa dalam lomba tradisional panjat pinang yang digelar di lapangan terbuka PTPN IV PKS Unit Sosa, Kecamatan Hutaraja Tinggi.
 
Lomba tersebut diikuti oleh kelompok pemuda dan anak anak dari masyarakat umum. Mereka berlomba dengan semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan untuk mencapai puncak dalam mendapatkan beraneka macam hadiah.
 
Antusias warga ingin menyaksikan lomba panjat pinang tersebut memadati lokasi kegiatan panjat pinang sebagai hiburan semarak HUT RI ke 77.
 
Ketua Panitia panjat pinang, Yudi Limbong mengatakan, batang pinang setinggi 4 meter dilengkapi dengan beragam hadiah di puncaknya dan dilumuri dengan gemuk.
 
Dikatakan, lomba panjat pinang disponsori UD Alya bersama STM PKS PTPN IV Unit Sosa untuk mewujudkan kebersamaan dalam mewarnai semarak kemerdekaan.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Syawaluddin Nasution selaku sponsor kegiatan lomba panjat pinang dalam memeriahkan semarak HUT RI," ucapnya.
 
Rudi menjelaskan, peserta lomba panjat pinang ini, dibagi dua tim yang harus beradu cepat mencapai puncak untuk berhasil meraih hadiah doorprize yang disediakan panitia.
 
"Anggota setiap tim peserta lomba panjat pinang hanya diperbolehkan 5 orang dan tidak boleh ada penggantian peserta," terangnya.
 
Sebelumnya, Manajer PTP N IV Kebun/PKS Unit Sosa Sutres SP melalui Ketua Serikat Pekerja Perkebunan (SPBun) H. Iden Purba mengatakan, pesta rakyat ini sebagai bentuk membangun kebersamaan yang bermanfaat menjalin silaturahmi dan semangat pesatuan dan kesatuan.
 
"Lomba panjat pinang yang kita gelar hari ini dengan maksud memberikan hiburan dan mengakrabkan anatara pihak perusahan dengan masyarakat s untuk kebersamaan," ucap Iden Purba.
 
Dikatakan, lomba tradisional panjat pinang ini untuk menyemarakkan HUT ke-77 guna mengingat masa-masa lampau dan bersifat hiburan serta membangun kebersamaan.
 
"Lomba ini sifatnya hiburan dan kami siapkan hadiah doorprize yang sudah bisa dilihat di puncak. Bagi tim yang berhasil lebih dulu mencapai puncak, tentu berhasil mendapatkan hadiah," ungkapnya.
 
H.Iden Purba menambahkan, berbagai aneka hadiah yang kami persembahkan dikegiatan lomba panjat pinang bagi peserta yang ikut berlomba untuk lebih cepat sampai kepuncak.
 
"Setiap tim peserta panjat pinang untuk diperebutkan hadiah di puncak ditentukan oleh panitia waktunya, silakan untuk meraih doorprize bagi peserta yang tercepat tentu akan mendapat," ucap Ketua SPBUn PKS Unit Sosa.
 
Lebih lanjut H.Iden mengingatkan peserta, lomba panjat pinang agar tetap menjaga keamanan dan hati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
 
"Lomba ini merupakan hiburan untuk kita semua.Oleh karena itu, mari kita wujudkan kebersamaan sesuai tema HUT RI ke 77." Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat."
 
Disela menyaksikan peserta lomba panjat pinang.Ketua SPBun PKS Unit Sosa menambahkan, keseruan peserta lomba panjat pinang yang berusaha untuk bisa mencapai puncak dan mendapat doorprize penuh perjuangan.
 
Pantauan di lokasi kegiatan, sebelum lomba panjat pinang, pihak Sponsor juga melaksanakan lomba makan krupuk, lomba membawa guli dengan sendok, lari goni, memasukan paku ke dalam botol tingkat anak anak.
 
Sementara untuk kalangan ibu -ibu digelar lomba menangkap bebek dengan mata ditutup kain, tarik tambang.