PALAS - Pembangunan kantor Bupati Kabupaten Palas yang dikerjakan oleh PT Rido Anugrah Medan, akan dipadukan konsep desain arsitektur nilai budaya dengan gaya etnik modren. Hal itu disampaikan Manager Proyek PT Rido Anugrah Medan, Dadan Hendra Kurniawan.SE, Minggu (21/8/2022)di Sibuhuan kepada Go Sumut.
 
Menurut Dadan, saat ini pembangunan kantor Bupati sedang tahap pekerjaan dengan arsitektur Etnik Modren yang artinya gaya bangunannya dengan ciri khas desain moderen, tetapi tetap mengandung konsep unsur nilai budaya.
 
Pelaksanaan pengerjaan pembangunan kantor Bupati Palas saat ini, katanya, berjalan dengan baik dan sesuai standar progres pembangunan dengan mengunakan bahan material bangunan memesan langsung dari pabrik.
 
"Desain bangunan kantor Bupati Palas ini paduan nilai budaya dengan gaya etnik moderen yang menampilkan ciri khas daerah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel)," terangnya.
 
Dadan menjelaskan, pengerjaan untuk tahap II ini banyak merombak mulai dari segi bangunan karena pembangunan sebelumnya banyak yang tidak beratur dan harus di perbaiki ulang.
 
"Untuk bahan bangunan yang kita pakai semua langsung dari Pabrikan, seperti atap genteng pakai merk Onduline, kusen almunium merk Conch, sebagian menggunakan kusen kayu Ingul, cengal batu, dan untuk plafon menggunakan merk PVC," ungkapnya.
 
Ia menambahkan, dalam proses pengerjaan kegiatan pelaksaan kerja.Para pekerja juga kita pantau dalam standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan apabila tidak memenuhi syarat K3 tersebut akan kami beri sanksi sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pihak management proyek.
 
"Setiap hari Senin, mulai dari pekerja sampai mandor melakukan briefing. Apabila pekerja tidak mematuhi aturan pekerjaan dengan baik sesuai ketentuan, maka akan diberi sanksi," tanbahnya.
 
Dia menegaskan, apabila sudah mendapat sanski tiga kali, maka pekerja tersebut akan dikeluarkan dari pekerjaan proyek.
 
Sesuai kontrak kerja, lanjutnya untuk kegiatan lanjutan pembangunan tahap dua  kantor Bupati Palas ini harus rampung  per tanggal 18 Desember 2022 dengan  anggaran 34 miliar lebih.
 
Tahap pelaksanaan pengerjaan pembangunan kantor bupati yang berlokasi didekat komplek perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan sedang berlangsung dan progres pekerjaan sudah mencapai 40 persen.
 
Untuk diketahui, pelaksanaan kegiatan proyek pembangunan kantor Bupati Palas ini mengunakan atap ber merek Ondulen. Ini baru pertama di Sumut dengan garansi selama 20 tahun.