TOBA - PT.Toba Pulp Lestari (PT.TPL) dengan Institut Teknologi DEL (IT DEL) melakukan penanda tanganan MoU (Memorandum of Understanding) Beasiswa Pelangi, untuk mahasiswa/i yang berhasil lulus dari seleksi masuk IT DEL. MoU yang digelar di gedung aula IT DEL, Senin (15/8/2022) dihadiri Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu serta  50 mahasiswa penerima beasiswa. 
 
Jandres Silalahi Wakil Direktur Perusahaan dalam keterangan persnya kepada  www.gosumut.com, Sabtu (20/8/2022) mengatakan, program beasiswa Pelangi telah berjalan sejak tahun 2018 lalu yang diberikan kepada mahasiswa kurang mampu sebagai wujud nyata TPL hadir berkontribusi untuk meningkatkan pendidikan di sekitaran wilayah operasi perusahaan khususnya Indonesia.
 
Disampaikan Jandres, sebanyak 50 orang mahasiswa yang masuk ke IT DEL berasal dari lima Kabupaten wilayah operasional perusahaan, yakni kabupaten Toba, Simalungun, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan Samosir. TPL dalam komitmennya hadir ditengah masyarakat terus berupaya berkontribusi dalam pengembangan kualitas pendidikan.
 
"MoU ini sudah kita jalankan sejak tahun 2018, dan akan terus berkembang agar pendidikan semakin meningkat serta semakin  lebih baik. TPL dalam beasiswa ini menanggung keseluruhan biaya kuliah mahasiswa/i penerima Beasiswa mulai dari uang kuliah, uang asrama dan uang makan setiap bulannya mulai dari sejak masuknya mahasiswa/i tersebut di IT Del hingga lulus kuliah," ujar Jandres.
 
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu dalam pemaparannya kepada Gosumut.com menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasihnya kepada management perusahaan atas tercapainya kerjasama beasiswa ini.
 
Bantuan dan kepedulian TPL melalui MoU Beasiswa ini sangat meringankan serta membantu beban biaya pendidikan para siswa/i yang kurang mampu namun berprestasi dalam pendidikan untuk menempuh pendidikan tinggi, sebutnya.
 
“Secara khusus aya mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan oleh TPL dalam pendidikan di Kabupaten Toba. Dengan dukungan dan kepedulian perusahaan kelak dapat meningkatkan taraf hidup dan pengembangan pendidikan di Kabupaten Toba khususnya,” ujar Rikardo.
 
Salah seorang mahasiswi penerima Beasiswa Pelangi, Mariayen Sirait yang berasal dari Dusun Sosor Pea, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, kabupaten Simalungun ketika dimintai wartawan responnya mengucapkan syukur dan terimakasihnya atas dukungan TPL yang telah membantu mereka mencapai keinginannya melanjutkan pendidikan sekolah tinggi di IT Del. 
 
Maria berharap, beasiswa Pelangi dari TPL ini terus berkelanjutan sehingga semakin banyak siswa/i kurang mampu memperoleh kesempatan untuk meraih cita-cita.
 
Dalam acara penandatanganan MoU juga dihadiri beberapa perwakilan management TPL diantaranya Jerry Tobing dari Stakeholder Relation Mill, Ramida Siringoringo CD Manager disaksikan 400 mahasiswa/i IT Del lainnya.