LHOKSEUMAWE – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Mohamad Hasan menyambut kepulangan prajurit purna tugas Satgas Pamtas  penyangga (mobile) Yonif Raider 114/Satria Musara sebanyak 445 orang dari penugasan selama 13 bulan di Papua. Panglima Kodam IM Mayjen TNI Mohamad Hasan, Jumat (19/8/2022) menjelaskan prajurit Yonif Radier Khusus 114/SM itu berangkat tanggal 26 Juli 2021 dan kembali tanggal 19 Agustus 2022 itu sebanyak 445 orang telah menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, tanggungjawab dan telah menjaga nama baik Kodam Iskandar Muda.

“Salah satu keberhasilan Satgas Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara adalah dapat mengembalikan warga masyarakat distrik Yigi Kabupaten Nduga ke rumahnya masing-masing, dimana sebelumnya mereka mengamankan diri keluar dari distrik Yigi pasca kasus pembantaian 19 Karyawan PT Istaka Karya oleh KKB pada Desember 2018 yang lampau,” ungkapnya.

Disamping itu, urai Pangdam IM itu, Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara juga aktif memberikan bantuan merhab rumah, tempat ibadah, bendungan air bersih dan jalan, memberi pelayanan kesehatan dan bantuan secara langsung kepada masyarakat lewat program Gerakan Honai To Honai. “Sehingga dapat merangkul masyarakat Papua khususnya di zona merah Nduga,” paparnya.

Bagi prajurit, tambah Mayjen TNI Mohamad Hasan, keberhasilan dalam melaksanakan tugas operasi merupakan kehormatan dan kebanggaan, karena telah mengabdikan jiwa dan raganya kepada bangsa dan negara. Tugas yang diemban merupakan wujud nyata dari amanah, kepercayaan yang diberikan oleh negara. “Oleh sebab itu prajurit sebagai anggota TNI, sebagai alat pertahanan negaramemiliki tugas mulia untuk mengamankan Bangsa Indonesia dari berbagai gangguan keamanan negeri ini,” katanya.

Disisi lain Pangdam IM juga berharap, agar kembalinya para prajurit ini dapat dicontoh oleh prajurit lainnya.  “Keberhasilan tugas dapat diraih karena segenap prajurit yang dikirim telah memiliki kesiapan yang baik, sehingga dalam waktu yang singkat mampu beradaptasi dengan kultur, budaya, serta adat istiadat masyarakat setempat,” jelasnya.

“Saya merasa bangga, bahwa selama penugasan, para prajurit Yonif  Raider Khusus 114/Satria Musara benar-benar telah melaksanakan tugas dengan penuh semangat dan motivasi yang tinggi, serta sikap disiplin yang merupakan suatu kebutuhan bagi setiap prajurit sanggamara sejati dimanapun mereka berada dan bertugas,” katanya.

Dengan keberhasilan tersebut, tuturnya, kepada seluruh personel Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara purna tugas Satgas Pamtas Penyangga (Mobile) saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan tugas serta darma bakti yang telah para prajurit berikan selama ini.

“Saya berpesan kepada segenap prajurit yang baru kembali dari melaksanakan tugas agar menjadikan pengamalan tugas sebagai guru yang te4rbaik dalam peningkatan kemampuan prajurit, sehingga pada tugas-tugas dimasa mendatang dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi,” ungkapnya.