PALAS - Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Padanglawas (Palas) berlangsung dilapangan MTsN 1 Padanglawas, Rabu (17/8/2022). Ika Rindiyani Samosir terpilih sebagai pembawa baki bendera Merah Putih. Saat ini, Ika Rindiyani saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Plus Taruna Bangsa Kabupaten Palas, anak dari Rasyidi Samosir warga dari PT Paya Pinang Desa Siali-ali, Kecamatan Lubuk Barumun.

Sementara Komandan Paskibra Penaikan Bendera Merah Putih, Muhammad Khairil Fadli Harahap, asal sekolah MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, anak dari Rizwaldi Harahap, Warga Lingkungan VI, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun.

Untuk pendamping Kanan, Wilson Butar - Butar, Sekolah Mas Al-Mukhlisin Sibuhuan, Anak dari Daniel Butar Butar, Warga Desa Aek Bargot, Kecamatan Sosopan dan pendamping kiri Reza Alam Syaputra Hasibuan Sekolah MAN 2 Padanglawas, Anak Dari Gong Matua Hasibuan, Warga Desa Manombo Kecamatan Barumun Tengah.

Pengawal Tengah,Nur Azizah Siregar, Sekolah Mas Robiul Islam Pasar Latong, Anak dari Ummi Kalsum Harahap, Warga Desa Hutanopan, Kecamatan Barumun Tengah dan pengawal Tengah Kanan, Aulia Ramadani, Sekolah SMK N 1 Barumun, Anak dari Asep, Warga Pir Trans Sosa II.

Pengawal Tengah Kiri, Intan Nasution, Sekolah Smk S Al Fajar Sibuhuan, Anak dari Erti Hasibuan, Warga Desa Manombo Jae, Kecamatan Barumun Baru serta penggerek Bendera Tengah, Farhan Aulia Nasution, Sekolah Sma 1 Sosopan, Anak dari Koko Hendra Saputra Nasution, Desa Sihaporas, Kecamatan Sosopan.

Penggerek Bendera Kanan, M Rahmad Parmonangan Pulungan, Sekolah SMA 1 Ulu Barumun, Anak dari Ali Gotar Pulungan, Warga Deaa Huta Bargot, Kecamatan Sosopan dan penggerek bendera kiri, Mhd Arief Rangkuti, Sekolah Sma 1 Barumun , Anak dari Hariman Hasayangan Rangkuti SPd, Warga Lingkungan III Kelurahan Pasar Sibuhuan.

Dua orang siswa terbaik Kabupaten Palas,dipercaya bertugas di tingkat Provinsi Sumut sebagai pengibar atas nama Wahyu Irfansyah Risyandi Hsb, Sekolah Man 1 Palas, Anak dari Hotman Hasibuan, Warga Desa Hutalombang, Kecamatan Lubuk Barumun dan Mamad Jamaluddin Lubis, Sekolah SMK 1 Barumun, Anak dari Binu Lubis, Warga Desa Tanjung Baru, Kecamatan Lubu Sutam.

Pasukan paskibra dilatih oleh Kodim 0212/TS dan PPI Kabupaten Palas dan Pembinaan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Palas.

Sementara itu, Kapten CPl.MS.Nasution sebagai Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.Ia saat ini menjabat sebagai Danramil 09/Sosa Kodim 0212/TS.

Bertindak sebagai Inspektur upacara peringatan detik -detik Proklamasi Kemerdekaan, Plt Bupati Padanglawas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi.

Sebelumnya, Plt Bupati Palas telah mengukuhan 32 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang akan bertugas saat peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI tingkat Kabupaten Palas dilapangan MTsN 1 Palas. Upacara pengukuhan berlangsung di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, Selasa (16/8/2022).

Seperti diketahui, pihak pemerintah daerah menerapkan formasi Paskibra HUT Kemerdekaan ke-77 RI. Ada 32 anggota yang akan bertugas untuk pengibar bendera merah putih di tingkat Kabupaten Palas.

"Semua pasukan yang berjumlah 32 orang ini terdiri dari 16 laki-laki dan 16 perempuan. Mereka terpilih setelah mengikuti seleksi cukup ketat dari pihak panitia seleksi Paskibra," kata Kadis Pemuda Olahraga dan Parawisata, Kabupaten Palas, M Rasyidi Hasibuan.

Seperti diketahui, Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 akan dilakukan secara terbuka dan dilanjutkan dengan kegiatan virtual mendengarkan amanat Presiden RI Joko Widodo di Aula MTsN 1 Palas yang dihadiri Plt Bupati Palas,Sekda,Arpan Nasuyion SSos serta unsur Forkopimda.

Pemerintah daerah masih menetapkan pemberlakukan kegiatan terbatas pada upacara detik -detik proklamasi dan Penurunan bendera merah putih di sore hari pada puncak Peringatan HUT RI ke 77.

Selain mengikuti kegiatan secara virtual oleh Pejabat Daerah dan Unsur Forkopimda.Usai kegiatan upacara dilaksanakan pelepasan peserta devile oleh Kasat Binmas Polres Palas, AKP Rahmad Saleh Nainggolan.SH dan Kasat Samapta, AKP Mhd Husni Yusuf.

Rute yang dilalui peserta devile dari berbagai sekolah mulai tingkat SD, SMP serta SMA menempuh jalur dari titik start lapangan MTsN 1 Palas menuju lapangan Merdeka Sibuhuan, Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan.