LHOKSEUMAWE – Pj Walikota Lhokseumawe Dr Drs Imran MSi MA Cd saat menobatkan Darwinus dan Raudhatul menjadi Duta Wisata Lhokseumawe tahun 2022 mengingatkan agar duta wisata mampu mempromosikan dan mempublikasikan potensi wisata yang ada di Lhokseumawe. Acara penobatan duta wisata Lhokseumawe turut dihadiri Ketua DPRK Lhokseumawe Ismail A Manaf, Dandim 0103Aceh Utara, Letkol Inf Hendrasari Nurhono SIP MIP dan pejabat teras lainnya.
 
“Sektor wisata sesungguhnya mampu menggerakkan perekonomian masyarakat, apalagi Lhokseumawe yang terletak dikawasan pesisir menjadi daya tarik sendiri terutama kondisi alamnya yang sangat eksotik terkhusus wisata pantai. Oleh karena itu duta wisata harus mampu mempromosikan dan mempublikasikan potensi wisata Lhokseumawe dan mampu menarik wisatawan baik lokal maupun domestik dan mancanegara,” jelasnya, Senin (15/8/2022)
 
Selain potensi alam yang indah dan eksotik, urai Imran, seni budaya Aceh juga kaya dengan kreasi, sehingga memiliki peluang dijadikan branch image untuk Lhokseumawe dan layak untuk dijual kepada wisatawan.
 
Satu hal, tambah Imran, obyek wisata Lhokseumawe jangan lagi monoton seperti yang selama ini kita dilihat.
 
"Wisata religious harus kita bangun bersama-sama seluruh elemen masyarakat Lhokseumawe, kawasan wisata harus bersih dan menarik, sesuai dengan daerah kita yang sudah menerapkan pelaksanaan Syari’at Islam, sehingga bersih wisata harus menjadi semangat kita semua,” kata Imran.
 
Lokasi wisata di Lhokseumawe, jelas Imran, harus bisa tampil beda baik soal keramahan masyarakatnya, layanan yang diberikan, maupun kebersihan dan terutama masalah wisata halal harus menjadi kebanggaan.
 
“Wisata kita harus bisa tampil beda dengan daerah lain di Indonesia, kita harus punya ciri sendiri, kita sesuaikan dengan semangat Syari’at Islam, karena Islam adalah rahmatan lil ‘alamin, sehingga wisatawan yang datang memiliki kesan yang positif terhadap wisata di Aceh, khususnya Lhokseumawe,” tuturnya.
 
Diakhir sambutannya, Imran menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dispora Kota Lhokseumawe, dan segenap panitia pelaksana pemilihan duta wisata. Penobatan Duta Wisata terpilih Darwinus dan Raudathul merupakan hasil seleksi dari 10 finalis agam dan 10 finalis inong yang lulus sesi wawancara, tahapan seleksi dilakukan sejak 1-29 Juli 2022 lalu.