ASAHAN - Beras bermerek Kutilang yang didistribusikan di wilayah Kota Kisaran Kabupaten Asahan diduga tak sesuai dengan isi berat timbangan. Hal itu terbukti saat salah satu konsumen bernama Rasuddin membeli beras Kutilang di salah satu toko yang ada di Jalan Malik Ibrahim Kisaran, Kabupaten Asahan beberapa waktu lalu.
 
Rasuddin membeli beras bermerek Kutilang seberat 10 kg, namun setelah dibeli dan dibawa pulang, Rasuddin merasa curiga dengan isinya dan menimbang beras tersebut.
 
Setelah ditimbang, dugaannya benar, bahwa beras bermerek Kutilang yang seharusnya seberat 10 kg, ternyata hanya 8 kg lebih.
 
Selanjutnya, Rasuddin mendatangi toko tersebut untuk komplain dan melakukan penimbangan beras bermerek Kutilang lainnya. Beras Kutilang lainnya itu juga kurang dan tidak sesuai dengan ukuran. Kejadian itu diabadikan dengan cara memvideokan.
 
"Kecewa kali saya karena sudah membeli beras ini (Kutilang,red) karena gak sesuai dengan isinya," kata Rasuddin saat ditemui Gosumut.com beberapa waktu lalu.
 
Rasuddin berniat akan melaporkan kejadian ini ke pihak yang berwajib seperti BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) atau APH (Aparat Penegak Hukum) untuk ditindaklanjuti.
 
"Tentunya saya sudah merasa dirugikan dan saya menduga hal ini sudah sering terjadi. Pastinya ini sangat merugikan masyarakat banyak di Kabupaten Asahan. Dari itulah saya berniat melaporkan hal ini ke pihak yang berwajib," sebutnya.
 
Sementara, Distributor beras Kutilang wilayah Kisaran Kabupaten Asahan bernama Aling yang beralamatkan gudang di Jalan Panglima Polim Kisaran menyebutkan bahwa hal itu bukan tanggung jawabnya, melainkan tanggung jawab pihak Kilang Padi yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai.
 
Ia pun tak mengakui bahwa beras bermerek Kutilang itu kurang dan tak sesuai timbangan. "Biasanya pas bang," ungkap Aling.
 
Sementara, di gudang atau toko distributor milik Aling, dilakukan bersama-sama menimbang beras Kutilang yang berisikan 10 kg. Sebagian isinya pas, tapi sebagian ada yang kurang 3 sampi 5 ons dalam perkarungnya.
 
Kemudian saat dikonfirmasi via seluler, pihak Kilang Padi Kutilang di Kabupaten Serdang Bedagai mengaku tidak mengetahui kejadian itu.
 
Ia menyebutkan hal itu bisa saja terjadi karena beras yang dikemas dalam keadaan panas dan setelah dingin bisa susut isi beratnya.
 
"Kalau itu bang bisa saja terjadi, karena saat dikemas dalam keadaan panas dan saat dingin bisa susut beratnya. Lagi pula, setelah kami antar ke toko dan diterima dengan baik, kami menganggap isi beratnya sudah pas," kata wanita yang ada di Kilang Padi Kutilang melalui sambungan seluler.
 
Dia juga mengutarakan, bahwa Aling adalah Distributor tunggal beras Kutilang terutama untuk wilayah Kisaran, Kabupaten Asahan.