MADINA - Gerindra dan PKB sepakat berkoalisi di Pilpres 2024. Deklarasi koalisi itu secara langsung dideklarasikan oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Jawa Barat. Kesepakatan koalisi tersebut Prabowo ditunjuk Calon Presiden (Capres) dan Cak Imin sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada pemilu tahun 2024.
 
Pada pendeklarasian koalisi partai politik itu juga diikuti oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB dan DPC Gerindra Kabupaten Mandailing Natal (Madina) secara daring yang berlangsung di Alua Riyadohurrohman Kecamatan Panyabungan, Sabtu (13/08/2022).
 
Pendeklarasian koalisi itu juga di lakukan secara daring dihadiri Wakil Ketua PKB Sumatera Utara (Sumut), Muhammad Ja'far Sukhairi Nasution, Ketua DPC PKB Madina, Khoiruddin Faslah Siregar; Sekretaris DPC PKB Madina, Edi Anwar, para pengurus dan kader PKB di Madina.
 
Sementara dari DPC Gerindra Madina turut hadir dua Wakil Sekretaris yakni M Yusuf dan Faisal Nasution, Ketua OKK, Amir Sutan Nasution dan Staf Ahli, Zainal Arifin.
 
Sedangkan Ketua DPC Gerindra Madina Erwin Efendi Lubis dan sejumlah pengurus lainnya berada di Jakarta menghadiri acara pidato Prabowo Subianto pada pendeklarasian koalisi di Sentul.
 
Pada kesempatan itu, Wakil Ketua PKB Sumut, Ja'far Sukhairi Nasution menyatakan bahwa PKB siap menyukseskan koalisi Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar di pemilu 2024.
 
"Dan PKB akan bergerak sesuai dengan petunjuk dan arahan dari DPP PKB," ucap Sukhairi.
 
Sementara Ketua DPC PKB Madina,  Khoiruddin Faslah mengatakan koalisi PKB dan Partai Gerindra di perhelatan pada pemilu presiden 2024. DPC PKB Madina sepenuhnya berkerja apa yang audah diputuskan oleh dari pusat.
 
"Intinya, kami sami'na wa atho'na. Apa yang sudah diputuskan oleh DPP kedua partai tentu instruksi itu sampai ke pengurus DPC, pengurus PAC sampai ke pengurus ranting dan seluruh kader akan menjalankan sepenuhnya," ujarnya.
 
"Nanti siapa yang diputuskan menjadi presiden dan wakil presiden akan kami perjuangkan sepenuhnya. Kami mengikuti tujuan bersama bagaimana bangsa ini lebih baik, lebih sejahtera dan tentunya makmur. Inilah inti dari koalisi ini," tegasnya. 
 
Disisi lain, Faslah menyebut bahwa PKB dan Partai Gerindra di Kabupaten Madina juga mempunyai hubungan baik selama ini.
 
PKB-Gerindra sebelumnya juga sudah pernah berkoalisi memenangkan salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Madina.
 
"Baik secara personal maupun kepartaian kita sudah kenal betul dengan Partai Gerindra. Jadi untuk menjalin konsolidasi ini ke depan tidak akan susah," jelasnya.
 
Selanjutnya, dikatakan Ketua OKK DPC Gerindra Madina Amir Sutan Nasution. Dia  menyatakan apresiasi terhadap deklarasi itu dan berharap terbangun sinergi dan membangun program-program serta mensuksekan seluruh yang dicanangkan Prabowo-Muhaimin.
 
Dengan terbangunnya koalisi ini bisa membawa kemajuan bangsa Indonesia khususnya di Kabupaten Madina.
 
Apalagi saat ini bupati Madina adalah kader PKB dan Ketua DPRD Madina kader Gerindra.
 
"Kita harapkan koalisi ini mengikat dan mempererat hubungan kedua pemimpin kita tersebut sehingga bisa memberikan kontribusi positif bagi upaya peningkatan kesejahteraan rakyat Mandailing Natal," imbuhnya.