MEDAN - Ketua Umum Wirawati Catur Panca, Hj Pia Feriasti Megananda BA melantik pengurus Catur Panca Sumut periode 2022-2025, di Bina Graha Pemprovsu, Selasa (9/8/2022). Terpilih sebagai Ketua, dr Surawana Sudian, Wakil Ketua, Dra Sumaria Apt MP,
Sekretaris, Husna SE, Wakil Sekretaris, Susiana, Bendahara, Dwi Winda Rini SPd, Wakil Bendahara, Eka Yuni Tawangsih Amd.
 
Hadir dalam kesempatan tersebut di antaranya, Ketua PPK Sumut, Nawal Lubis, Ketua BKOW Sumut, perwakilan DHC 45, serta tamu dan undangan lainnya.
 
Ketua Umum Wirawati Catur Panca, Hj Pia Feriasti Megananda BA, dalam arahannya menyebutkan pengesahan dan pelantikan hari ini harus menjadi moment bagi pengurus dalam memaksimalkan kepedulian akan pentingnya bidang pendidikan, kesehatan, politik, kesadaran hukum, gender terutama terkait perlindungan hukum terhadap kaum perempuan.
 
Kemudian lanjutnya, perlindungan terhadap anak, menggalakkan kampanye terhadap pentingnya semangat juang 45.
 
"Kita tahu saat ini begitu banyak kekerasan terhadap perempuan, kekerasan terhadap anak di sekitar kita. Penjualan anak, tracfiking banyak sekali kekerasan yang harus kita sikapi bersama-sama," ujarnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, dia juga berharap dengan dilantiknya pengurusnya ini bisa dapat bersama-sama membangun ketahanan keluarga.
 
"Ketahanan keluarga ini sangat penting, karena masalah-masalah diluar ini, masalah kekerasan, intinya adalah masalah ketahanan keluarga," ujarnya. 
 
Sementara Ketua Wirawati Catur Panca (Wanita Pejoang 45) Tingkat Sumatera Utara, dr Surawana menyebutkan kegiata ini dibidang untuk melestarikan nilai-nilai juang 45 pada generasi penerus. Sehingga mereka mengerti apa arti perjuangan.
 
"Pada waktu zaman dulu, zaman pertempuran, kita itukan bertempur dengan penjajahan dengan menggunakan peluru. Sehingga kita bisa merebut kemenangan dan bisa mengusir penjajah dari negeri tercinta," ujarnya.
 
Pihaknya siap untuk bersinergi pemerintah untuk membangun ketahanan keluarga dan menuntaskan stunting di Sumut ini. 
 
Hanya saja untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya butuh dukungan dari semua pihak terkait. "Karena kita tidak mungkin bisa berjalan tanpa adanya dukungan instansi terkait," ujarnya.
 
Sementara Ketua PPK Sumut, Nawal Lubis yang juga Dewan kehormatan Wirawati Catur Panca sumut, dalam arahan dan sambutannya berharap komunitas ini bisa bersama-sama untuk berkontribusi dalam pembangunan. Salah satunya membangun ketahanan keluarga.