MADINA - Pemerintah Desa Barbaran Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tiga tahap sekaligus ke warga penerima manfaat terdampak Covid-19.

 

Penyaluran BLT-DD kepada 109 Kepala Keluarga (KK) berlangsung di Aula kantor desa setempat, Selasa (9/8/2022), dihadiri, BPD dan perangkat desa.

Selain menyalurkan BLT-DD tahap tiga ini, pemerintah desa juga melaksanakan vaksinasi Booster atau tahap 3 bagi keluarga penerima manfaat.

Pj Kepala Desa Barbaran Paryati Ningsih S.Sos mengatakan warga penerima manfaat telah menerima bantuan BLT -DD untuk tiga tahap sebesar Rp.900.000.

"Jumlah warga yang menerima BLT -DD sesuai daftar pemerintah desa sebanyak 109 KK yang setiap bulannya menerima bantuan pemerintah sebesar Rp 300 ribu," ungkapnya.

Paryati menyebut, sebelum warganya menerima BLT-DD, terlebih dahulu melakukan vaksinasi tahap 3. Dan bila ada yang berhalangan untuk divaksin maka penyalurannnya akan ditunda sementara waktu, sampai warga penerima bisa divaksin.

"Sesuai dari instruksi Pak Presiden, kalu masalah vaksin memang kita tegakkan disni (di Desa Barbaran), dan yang berlangsung saat ini adalah vaksin ke tiga atau Booster dan rata rata vaksin tahap satu dan dua di desa Barbaran ini sudah selesai," ucapanya.

Pj Kepala Desa berharap semua warganya terus membantu pemerintah dalam upaya mencegah penularan Covid-19 dimasa pandemi dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Ia juga mengimbau kepada warga yang menerima bantuan ini agar memanfaat bantuan tersebut digunakan dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya, dia mengatakan bantuan tersebut salah satu upaya pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional. Dan adanya bantuan tersebut sehingga warga yang terdampak dalam ekonomi bisa teringankan dan terbantu untuk menutupi kebutuhan sehari-harinya.

Di tempat yang sama, Rosliani Harahap, salah satu keluarga penerima manfaat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah.

Dia juga berharap dengan adanya bantuan seperti itu bisa dapat berkelanjutan. Sehingga warga Desa Barbaran yang terbebani ekonominya bisa dapat terbantu.