LHOKSEUMAWE – Pj Walikota Lhokseumawe, Dr Drs Imran MSi MA Cd saat mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke – XV di Hotel Truntum  Kota Padang Sumatera Barat, Senin (8/8/2022) munculkan gagasan kawasan kota yang  Bersih, Rapi, Tertib, Nyaman (Beriman), Kreatif dan Inovatif. “Gagasan itu menjadi tagline bagi pengembangan Kota Lhokseumawe yang bisa ditularkan diwilayah Pemerintah Kota diseluruh Indonesia, hal ini sangat penting setiap kota harus Bersih, Rapi, Tertib, Nyaman (Beriman), Kreatif dan Inovatif,” ungkapnya.
 
Rakernas bertemakan Kota Kita Bangkit, Yang Maju Yang Bersinergi bertujuan untuk penguatan  koordinasi  dan  sinergi seluruh kepala daerah demi  kebangkitan  ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang terjadi lebih dari dua tahun terakhir.
 
Bagi Imran saat ini konsep Beriman, Kreatif dan Inovatif adalah solusi yang tepat dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di Kota Lhokseumawe.
 
“Ciri khas sebuah kota itu harus bersih, indah, rapi, tertib, nyaman, kreatif dan  inovatif agar tidak hanya terciptanya perubahan dan kemajuan dari sarana dan prasarananya saja namun juga mendukung kesejahteraan masyarakat” , jelasnya.
 
Dirinya juga berharap, agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh Pemko Lhokseumawe dan kota-kota lainnya di Indonesia  yang tergabung dalam APEKSI untuk saling berbagi pengalaman terkait program-program unggulan atau praktek, baik yang telah berhasil maupun masih dalam pengembangan konsep diwilayahnya masing-masing.
 
“Saya sengaja membawa kepala OPD terkait, agar bisa belajar secara langsung bagaimana pengelolaan kota yang seharusnya. Lhokseumawe harus bergerak lebih cepat untuk menjadi kota maju seperti kota kota lainnnya di Indonesia”, jelasnya.
 
Di saat yang sama, istri Pj Walikota Lhokseumawe  Rosnelly, SKM I mengikuti kegiatan Ladies Program. Kegiatan ini digelar di Aula Santika  Hotel Padang. Bersama istri dari walikota lain seluruh Indonesia dan  turut di hadiri oleh istri Gubernur Sumatera barat.
 
Rangkaian kegiatan Rakernas Apeksi  XV dimulai dari welcome dinner, 'Indonesia City Expo'  yang akan memamerkan 120 stand produk UMKM seluruh Indonesia termasuk dari Kota Lhokseumawe, Pawai Budaya Nusantara, Peresmian Tugu APEKSI, Gowes serta 'City Tour', Ladies Program, Penanaman Pohon, 'Youth City Changers', Seminar, Bersih-Bersih Pantai dan Lomba Memasak Rendang dan Teh Talua.