PALAS - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padanglawas (Palas) H Abdul Manan MA didampingi Kasubbag Tata Usaha Ahmad Saidi Hasibuan SPdi, menyerahkan bantuan untuk  pembangunan Masjid Baitul Al - Mannan Desa Subullusalam, Kecamatan Ulu Barumun. Masjid Baitu Al-Mannan berdiri pada  Tahun 1963 M oleh Tuan Syekh H Abdul Mannan Hasibuan, salah seorang Ulama Thariqah/Parsulukan Naqsyabandiah di Desa Subulussalam.
 
Ornamen masjid bersejarah ini terbuat dari bahan material kayu, sampai saat ini sudah beberapa kali direnovasi secara kecil-kecilan sesuai kondisi kas dana masjid.
 
Panitia pembangunan masjid Baitu Al -  Mannan, Mhd.Sutan Hasibuan menyampaikan, masjid ini sangat membutuhkan sumur sebagai sumber air untuk keperluan air wudhuk.
 
"Sumber air yang selama ini dimanfaat warga dari sungai yang berdekatan dengan masjid mulai kering dan surut sehingga berdampak terhadap para jemaah masjid  untuk kebutuhan air wudhuk," terangnya, Jumat (5/8/2022).
 
 
Ia menambahkan, Kemenag Palas melalui unit pengumpul zakat(UPZ) memberikan bantuan Rp 3,5 juta untuk penggalian sumur yang menjadi sumber air masjid tersebut agar dapat digunakan para jemaah untuk wudhu.
 
Dikesempatan menyerahkan bantuan untuk penggalian sumur sebagai sumber air masjid Kakak Kemenang Palas, H.Abdul Manan MA menyempat diri berziarah ke makam Tuan Syekh H Abdul Mannan Hasibuan yang tidak jauh dari lokasi masjid.
 
Abdul Manan mengajak jajaran serta masyarakat Desa Subulussalam melaksanakan pembacaan tahlil bersama dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Al-Ustadz Ismail Syaroni Hasibuan,salah seorang  cucu dari Alm Tuan Syekh H Abdul Mannan Hasibuan.
 
“Ziarah ini bisa kita jadikan momentum untuk mengenang perjuangan para ulama, guru-guru kita yang sudah berjuang untuk dinul Islam, khususnya di Kabupaten Palas,” pesannya.
 
Ia mengajak untuk menjaga semua uwarisan ilmu dan dakwah Islam yang telah diajarkan para ulama untuk meneruskan perjuangan mereka dalam syiar dinul Islam.
 
Ia berharap, keberadaan Masjid Baitu Al-Mannan bisa terus dipelihara sebagai media sarana belajar agama dan pemersatu umat  dalam menyatukan  pandangan islam yang moderat, damai sejuk dan rahmatan lil alamin.