LHOKSEUMAWE – Ratusan prajurit TNI dan PNS Korem 011 Lilawangsa beserta Satuan Dinas Jawatan (Satdisjan) semarakan tahun baru Islam dipusatkan di Masjid Al-Fitrah komplek asrama Korem 011 Lilawangsa, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Rabu (3/8/2022). Acara memperingati tahun Baru Islam 1444 H/2022 M digelar Korem 011 Lilawangsa dengan mengusung tema Sebagai Momentum Memaknai Hidup Dengan Semangat Hijrah.
 
Komandan Korem (Danrem) 011 Lilawangsa Kolonel Inf Bayu Permana dalam sambutannya mengatakan, peringatan tahun Baru Islam yang diselenggarakan, bukanlah sekedar untuk memenuhi tradisi semata, akan tetapi untuk menggali hikmah yang terkandung didalamnya, untuk selalu ingat kepada sang pencipta.
 
Selain itu, kata Danrem, peringatan tahun Baru Islam memberikan hikmah penting kepada kita semua, yaitu selain wahana untuk intropeksi diri dan mengaktualisasikan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, juga untuk meningkatkan kualitas kerja kedepan dengan berpedoman pada ajaran agama.
 
“Peringatan Tahun Baru Islam sebagai momentum memaknai hidup dengan semangat hijrah. Sebagai prajurit TNI mari kita berhijrah untuk memantapkan keimanan dan ketaqwaan sebagai landasan moral dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,”katanya.
 
Sementara itu, ceramah agama disampaikan oleh Ustaz Tgk Adnan Yahya S Kom, M.Pd. dalam kesempatan itu Ustaz Adnan mengulas sejarah hijrahnya Nabi Muhammad SAW yang mengandung pelajaran berharga bagi seluruh ummat Islam.
 
Tgk Adnan Yahya menyebutkan, di Indonesia hampir 87% umat Islam, oleh karena itu jangan hanya mengaku Islam, tapi perilaku dan perbuatan kita tidak mencerminkan ajaran Islam yang sesungguhnya.
 
“Dulu Sultan Iskandar Muda tidak hanya sebagai Sultan, akan tetapi secara keseluruhan dalam menjalankan roda pemerintahan tetap berpegang teguh dengan ajaran Islam, sehingga ajaran Islam terimplementasi dengan baik ditengah-tengah masyarakat ketika itu, sehingga Aceh maju pada masa kesultanan Iskandar Muda,” sebutnya.
 
Dikatakan, Allah SWT menyiapkan suatu pintu di surga, yaitu pintu untuk orang yang berjihad, sebagai abdi negara, berjihadlah untuk bangsa dan negara, dalam rangka memperjuangkan agama Allah, sehingga pada gilirannya kita bisa dipertemukan didalam surga Allah SWT.
 
Peringatan tahun baru Islam turut dihadiri antara lain, Kasrem 011 Lilawangsa, para Kasi dan Pasi Korem 011 Lilawangsa, para komandan satuan dinas jawatan, ratusan prajurit TNI dan PNS serta masyarakat lingkungan.