TOBA - Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Bernando Panjaitan membuka pelaksanaan kegiatan Pendidikan Pelatihan Hospitality (Diklat Hospitality) BPODT 2022, Kamis (4/8/2022) di Politeknik Pariwisata Medan. Jimmy menyampaikan, diklat tahun 2022 ini salah satu kerjasama antara BPODT dan Poltekpar Medan untuk mengadakan Pendidikan dan pelatihan bidang SDM. 
 
"BPODT mengadakan pelatihan ini, karena masalah SDM Kepariwisataan di Danau Toba saat ini menjadi tantangan dikarenakan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas Nasional. Masalah sumber daya manusia (SDM) masyarakat di Kawasan Danau Toba dirasakan oleh para wisatawan yang berkunjung belum memuaskan" ujarnya.
 
Oleh karenanya sangat perlu dibangun dan ditingkatkan kreativitasnya dibidang SDM secara berkelanjutan dengan tujuan dan harapan kedepan membuat para wisatawan yang berkunjung merasakan kepuasan atas pelayanan yang diterima wisatwan saat berunjung di lokasi wisata Danau Toba. 
 
Kepada peserta Jimmy berpesan, harus tetap rendah hati dan jangan malu bertanya kepada siapapun ditempat ini. 
 
"Kami mengharapkan kalian dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan baik, paling penting adalah tetap attitude. Kita harus jaga diri sebagai peserta diklat, tetap patuh dan disiplin, inisiatif dan saling menghormati dalam pelaksanaan kegiatan ini BPODT akan memilih 3 besar terbaik untuk dipekerjakan di Toba Caldera Resort,” ujar Jimmy.
 
Mewakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sekawasan Danau Toba, Benni Simanjuntak Sekdis Pariwisata Taput mengatakan, pelatihan dan Pendidikan ini sangat berguna. Selain dalam pengembangan pariwisata tentu untuk meningkatan kemampuan SDM.
 
"Kita harus mendidik mereka menjadi tenaga potensial dan tenaga kepariwisataan yang profesional.ketika kembali bisa memberikan dampak bagi kabupaten daerah asal masing-masing," sebutnya.
 
 
"Kepada peserta diklat kami akan upayakan merekomendasi mereka sulaya nantinya diberikan kesempatan magang ditempat destinasi wisata yang dikelola oleh Kabupaten kami. Semoga ke depannya pendidikan ini tidak sampai disini tapi dapat dimanfaatkan juga oleh kabupaten lain," ujar Benni.
 
Terpisah Direktur Poltekpar Medan Anwari Masatip mengatakan, Poltekpar ini adalah kampus pariwisata yang termasuk unggul diantara kampus yang lain yang ada di pulau Sumatera bahkan di Indonesia. 
 
“Jadi saya rasa kampus ini adalah kampus yang tepat untuk para peserta Diklat. Karena semua tenaga pengajar yang akan melatih para peserta sudah memiliki banyak pengalaman serta sudah teruji. Saya berharap para peserta dapat belajar banyak hal selama diklat," sebutnya.
 
Turut hadir dalam kegiatan Detti Silaban Kadiv Pengembangan Bisnis BPODT, Jhontiner Sinabutar perwakilan dari Dinas Pariwisata Samosir dan Rista Sinaga perwakilan Dinas Pariwisata Karo.