PALAS - Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si secara resmi membuka seminar ilmiah dan Musyawarah Cabang Persatuan Dokter Gigi (PDGI) Cabang Palas di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, Sabtu (30/7/2022).

 

Seminar ilmiah dan Muscab PDGI mengusung tema “Simple Treatment in Dentist’s Daily Practice" dihadiri Ketua Pengurus PDGI Wilayah Sumut, drg M Sahbana.

"PDGI Cabang Padanglawas memiliki 19 anggota dan bisa mengikuti kongres skala naaional dan Insyaallah tahun depan PDGI cabang Palas akan melaksanakan seminar dengan skala lebih besar," terang Plt Bupati yang juga Ketua PDGI Cabang Palas.

Ahmad Zarnawi melanjutkan, dokter gigi merupakan suatu profesi yang berbasis keilmuan, kompetensi, disiplin kode etik dan pelayanan masyarakat.

"Sebagai dokter gigi dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang prima sesuai dengan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi yang maju pesat saat ini," ujarnya.

Ia menambahkan dokter gigi harus punya komitmen terhadap pengembangan diri dalam peningkatan profesionalisme untuk meng-update pengetahuan dan keterampilan profesinya sesuai dengan standar kompetensi.

Selaras dengan Ketua PDGI cabang Palas. drg M Sahbana selaku Ketua pengurus PDGI wilayah Sumut mengakui, dari kunjungan kesejumlah kedaerah. Kabupaten Palas merupakan daerah yang paling jauh dari wilayah Provinsi Sumut.

“Meskipun jauh tapi saya bersyukur karena PDGI Cabang Palas menjadi daerah pertama yang melaksanakan seminar ilmiah,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, di wilayah Sumut ini, PDGI memiliki 22 cabang dengan anggota kurang lebih 2.200 orang yang tersebar di seluruh pelosok Sumut.

Ketua PDGI wilayah Sumut menambahkan, tahun ini PDGI Sumut akan mendorong untuk melaksanakan seminar dalam upaya meningkatkan SDM juga peningkatan kompetensi.

Disisi lain, katanya untuk mendorong telaksananya Bakti Sosial yang menyentuh langsung ke masyarakat karena selama pandemi Covid -19 banyak program yang terhambat.

Ia berharap, melalui seminar ilmiah ini,PDGI cabang Kabupaten Palas menjadi cabang terbaik di Sumut dan memberi contoh bagi daerah lainnya.