MEDAN -Peserta didik (Serdik) Sespimen angkatan 62 ziarahi makam Presiden Pertama Republik Indonesia (RI), Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, Jumat (29/7/2022).
 
"Ya, kita ziarah ke makam Presiden Soekarno yang ada di Blitar," kata Serdik Revi Nurvelani yang memimpin Pokjar 22 ini.

Revi menjelaskan, ziarah makam Presiden Soekarno itu dilakukannya untuk bisa mengenang apa saja yang sudah diberikan sang Proklamator kepada Republik Indonesia ini.

"Perjuangan Bung Karno semasa hidupnya sangat patut dicontoh sehingga kita nantinya setelah lulus sekolah bisa menerapkan ataupun mengikuti apa saja yang sudah dibuat Bung Karno untuk Indonesia semasa hidupnya," jelasnya.

Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2005 ini juga menyatakan Bung Karno tutup usia pada Minggu (21/6/1970) di rumah sakit pusat angkatan Darat (RSPAD).

"Menurut sejarah, ungkap Revi, sebelum meninggal dunia, beliau sempat menjalani perawatan di Wina Austria pada Tahun 1961 dan 1964.

"Beliau meninggal pada usia 69 tahun dan pihak medis sesuai sejarah menyatakan Bung Karno mengidap penyakit gangguan ginjal," ungkapnya.

Kegiatan Serdik Sespimen Angkatan 62 ini, kata Revi, untuk mengenang sang bapak proklamasi tersebut.

"Saya dan semua serdik berharap bisa menjalankan nilai-nilai pancasila demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," pungkasnya.