MEDAN - Kesehatan jamaah haji asal Sumatera Utara, terkendali. Sebab berdasarkan swab antigen 1565 jamaah dari Kelompok Terbang (Kloter) 1 hingga 4 Debarkasi Medan yang tiba di Tanah Air, hasilnya negatif. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan Drs H Abd Amri Siregar MAg, saat menyambut kedatangan jamaah haji Kloter 4 di Asrama Haji Medan, Selasa (26/7/2022).
 
Abd Amri Siregar mengatakan sejauh ini kesehatan para jemaah masih terkendali. Sampai kloter 4 seluruh jemaah dilakukan tes antigen dan hasilnya negatif.
 
“Alhamdulillah seperti yang disampaikan pihak kesehatan bahwa kondisi kesehatan pasien masih terkendali. Walau ada yang masih dirawat di rumah sakit di Saudi, mudah-mudahan cepat sembuh dan pulang Kembali ke tanah air. Sejak kloter 1 seluruh jemaah tes antigen, kita bersyukur karena hasilnya negatif,” ungkapnya.
 
Hasil tersebut lanjutnya, termasuk 392 jamaah haji asal Medan yang tergabung dalam kloter 4 yang tiba hari ini, Selasa (26/7/2022).
 
Sementara Walikota Medan diwakili Asisten 1 Pemko Medan Muhammad Sofyan saat menyambut Kloter 4 ini mengatakan bersyukur karena jamaah asal Medan tiba dalam keadaan sehat walafiat. 
 
“Pesan Pak Walikota bahwa beliau berbahagia dengan kepulangan jamaah haji asal Medan dengan kondisi sehat walafiat. Hari ini bertemu keluarga kembali, pesan Pak Walikota untuk menyampaikan salam kepada keluarga sekalian,” ungkap Sofyan.
 
Ia juga mengatakan semoga seluruh jamaah haji mendapatkan gelar haji yang mabrur mabruroh. Ia juga mengatakan bahwa ibadah haji adalah ibadah yang spesial karena tidak semua umat muslim di Indonesia yang mendapat kesempatan untuk pergi ke tanah suci.