LHOKSEUMAWE – Masyarakat Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara mengapresiasi dan menyambut gembira program Gerakan Subuh di Masjid (GSM) yang digagas Komandan Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono SIP MIP. Buktinya setiap kunjungan ke sejumlah masjid baik di wilayah Lhokseumawe maupun Aceh Utara, warga yang melaksanakan shalat subuh berjamaah semakin bertambah. Seperti saat melakukan safari subuh berjamaah lewat program GSM  di Masjid Al – Mukhlisin, Gampong  Teumpok Teungoh, Kecamatan Banda Sakti Lhokseumawe jamaah masjid membludak di masjid tersebut.
 
Kepala Desa (geuchik) Teumpok  Teungoh H. Hermansyah mengakui program safari subuh lewat program GSM yang digagas oleh Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono  merupakan terobosan pertama yang belum pernah ada.
 
“Kami  mewakili masyarakat sekitar Masjid AL Mukhlisin Teumpok Teungoh Kecamatan Banda Sakti mengucapkan banyak terimakasih kepada  Dandim 0103 Aceh Utara  beserta rombongan  hadir diwilayah kami dan bertemu langsung dengan masyarakat sekitar Masjid, lewat safari subuh dengan program Gerakan Shlat Subuh di Masjid (GSM),”  ungkapnya.
 
Ia menyebutkan, masyarakat sangat terkesan terhadap ceramah Dandim 0103 Aceh Utara dengan  mengajak masyarakat, agar selalu melakukan kegiatan bersholawat dan berdzikir, serta silaturahmi. 
 
“Tentunya semua itu bisa dilakukan disaat-saat jam waktu shalat berjamaah yakni di masjid,” jelasnya.
 
Menurutnya, ada sebuah kutipan yang bisa diambil dalam momen safari subuh ini yakni, aktivitas seharian diawali dari titik nol yakni shalat subuh berjamaah di masjid, dilanjutkan dengan sholawat bersama  dan selalu bermohon kepada Allah SWT agar mendapat  safa'at Rasulullah.
 
"Berdo'alah, berusahalah hingga berhasil agar iman dan taqwa meningkat. Mari berubah dari hal kecil, tepat waktu sholatnya, harus dimulai dari sekarang, jangan menunggu besok,” ungkapnya.
 
 Kegiatan Safari Subuh yang dilaksanakan Dandim 0103 Aceh Utara beserta rombongan merupakan kegiatan positif yang sangat luar biasa manfaatnya kepada seluruh masyarakat Tumpok Teungoh. 
 
“Saya berharap kedepan Dandim 0103 Aceh Utara bisa berkunjung lagi ke wilayah kami,” kjatanya penuh harap.
 
Sementara itu hal yang sama saat dandim melakukan kunjungan safari subuh ke Masjid Al – Izzah, Desa Cot Seurani, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara. Warga masyarakat juga begitu antusias menyambut kedatangan Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Hendrasri Nurhono.
 
“Kami mewakili masyarakat Cot Seurani dan sekitarnya merasa bangga atas kegiatan yang dilakukan oleh Dandim 0103 Aceh Utara melakukan safari subuh lewat program GSM,  masyarakat sangat menyambut positif  kegiatan tersebut, masyarakat membutuhkan sentuhan seperti ini, apalagi program ini sekaligus sebagai ajang silaturrahmi  antara TNI dan masyarakat,” kata Keuchik Cot Seurani Fajri.
 
Selama ini, tambah Fajri, belum ada kegiatan yang sama dilakukan oleh pemimpin di Aceh Utara melakukan safari subuh berjamaah. 
 
“Yang ada Cuma safari Ramadhan dan kegiatan itu hanya satu tahun sekali, oleh karena itu masyarakat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono, semoga saja program ini bisa menginspirasi seluruh jajaran di Aceh Utara melakukan hal yang sama,” tuturnya.