PALAS - Kodim 0212 TS bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Padanglawas (Palas) melakukan penanaman serentak budidaya jagung untuk mendukung ketahanan pangan.

Kegiatan penanaman jagung serentak diareal lahan kosong milik Kodim 0212 yang berlokasi di wilayah Kecamatan Sosa Julu,Senin(25/7/2022).

 

Secara simbolis penanaman dilakukan Plt Bupati Palas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.M.Si,Dandim 0212/TS, Letkol Inf Amrizal Nasution, Ketua DPRD Palas, Amran Pikal Siregar serta Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra IrawanSIK MSi.

 

Turut juga Ketua HKTI Palas,Leo Hasibuan dan Sekretaris Gontar Harahap, Kadis Pertanian Palas,Falah Al Fitri STP Perwira Penghubung, Kapten Arh Saleh Hasibuan, Danramil 09 Sosa Kapten CPl.MS Nasution, Camat Sosa Julu, Muliadi Hasibuan dan Kajari Palas, Teuku Herizal SH MH.

 

Dandim 0212/TS, Letkol Inf. Amrizal Nasution mengatakan, memanfaat lahan kosong dengan budidaya tanaman jagung memberi manfaat untuk mendukung program ketahanan pangan.

 

"Memaksimalkan lahan kosong dengan tanaman jagung akan memberi manfaat untuk memenuhui kebutuhan pangan dimasyarakat," katanya.

 

Kata Dandim, penanaman jagung dilahan tidur ini untuk memenuhui kebutuhan pangan merupakan perintah langsung dan program dari Kasad Jenderal TNI.Dr. Dudung Abdu Rachman SE MM.

 

"Setelah lahan tidur ini dimanfaat untuk dikelola dengan budidaya tanaman jagung,hendaknya dipelihara,dijaga dan  dirawat dengan baik agar terwujudkanya ketahanan pangan,"pintanya kepada seluruh jajaran Koramil Kodim 0212/TS.

Kegiatan memanfaatkan lahan tidur dengan tanaman jagung ini,kata Amrizal merupakan program langsung dari Kasad untuk membantu masyarakat memenuhui kebutuhan pangan.

 

Plt Bupati Palas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi menyampaikan dukungan program ketahanan pangan diwilayah Kodim 0212/TS yang manfaanya sangat strategis dan erat hubungannnya untuk  ketahanan pangan.

 

"Atas nama pemerintah,kita sangat mendukung program ketahanan pangan ini untuk keselarasan dan keseimbangan menggerakan budidaya tanaman jagung dengan memanfaafkaan lahan tidur dalam memenuhui kebutuhan pangan didaerah Kabupaten Palas," katanya.

 

Dikesempatan itu juga,Plt Bupati mengingatkan, Camat Sosa Julu dan Kepala Desa untuk mengajak masyarakat memanfaatkan lahan kosong atau lahan tidur dikelola dengan baik guna mengimbangi kebutuhan pangan di masyarakat.

 

"Perlu kita ketahui bersama,bahwa  kebutuhan bahan pokok saat ini terus  meningkat.Sedangkan komoditasnya semakin berkurang sehingga untuk  memenuhi  pangan tersebut  dibutuhkan impor barang, sehingga terjadi ketimpangan harga di masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup," ungkapnya.

 

Plt Bupati mengajak,masyarakat untuk sama-sama menjaga dan memelihara apa yang sudah kita tanam saat ini mulai dari proses penyiapan lahan, pemilihan benih, pemupukan sampai dengan panen harus saling berkoordinasi dengan baik kepihak Kodim 0212/TS.

 

"Guna mengantisipasi kendala kebutuhan pangan ditengah masyarakat, tentu perlu adanya kegiatan yang bermanfaat dengan memenuhui kebutuhan pangan melalui budidaya jagung yang ditanam dilahan tidur atau kosong," ujarnya.

 

Selaras dengan kegiatan ini,lanjut  Plt Bupati pemerintah daerah mendukung program Kasad,Jenderal TNI Dudung Abdu Rachman karena apa yang dicanangkan merupakan program strategis menjaga ketahanan pangan. 

 

"Progam ketahanan pangan ini sangat membantu pemerintah dalam mengatasi kebutuhan pangan,"kata Ahmad Zarnawi.

 

Menurutnya, tidak ada gunanya hanya pembangunan infrastruktur saja tapi  mengabaikan ketahanan pangan itu sendiri, karna kebutuhan pokok pangan adalah satu hal utama dalam kehidupan.

 

Ia berharap, seluruh camat dan kepala desa di Kabupaten Palas diharapkan dapat melaksanakan program mendukung ketahanan pangan dengan mengelola lahan tidur dengan tanaman Holtikultura.

 

"Hal itu sesuai dengan wilayah Palas yang begitu luas dan masih lahan kosong atau tidur yang dapat  dimanfaatkan untuk menanam jagung atau tanaman hortikultura lainnya,"pungkasnya.