KISARAN - Kabupaten Asahan memiliki total luasan perkebunan kelapa sawit seluas 96.104,22 Hektar. Ini mencakup milik negara maupun swasta. "Dari total tersebut, Produksi Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa sawit Rakyat di Asahan mencapai 1.094.057,44 ton dengan total luas tanaman sekitar 75.844,58 Hektar pada tahun 2021," ujar Ir. Kristina Nadek, MP, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Asahan saat menyampaikan Pidato Bupati Kabupaten Asahan pada acara pembukaan Musyawarah Daerah ke 2 Asosiasi Petani Kelapa Sawit Kabupaten Asahan, Sabtu (23/7/2022) di Aula Wisma SPSI Kabupaten Asahan, Kisaran.
 
Ia menambahkan, Kabupaten Asahan merupakan salah satu kabupaten penghasil Tandan Buah Segar kelapa sawit di Indonesia. Kehadiran Asosiasi Petani Kelapa SAwit Indonesia (Apkasindo) di Asahan tentu menjadi hal yang baik untuk turut serta dalam pengembangan kelapa sawit Berkelanjutan.
 
“Telah terbit Inpres No 6 Tahun 2019 soal RAN KSB, sebagai tindak lanjut soal penyusunan RAD KSB, Apkasindo Asahan harus turut andil nantinya”, pinta Sekretaris Dinas Pertanian Asahan tersebut.
 
Selain itu, Asahan pada tahun 2018 merupakan salah satu Kabupaten Pilot Project Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Hal tersebut disampaikan oleh Arif Ripai, Sekretaris DPW Apkasindo Sumatera Utara, saat membuka Musda ke 2 Apkasindo Sumatera Utara. Tetapi dalam perjalanannya, Apkasindo Asahan sebelumnya tidak begitu aktif paska dilantik kepengurusannya sehingga terkendala dan tiba-tiba saja tidak ada komunikasi.
 
Lebih lanjut, Arif kembali menegaskan bahwa ke depan, setelah terpilihnya kepengurusan baru agar mengembalikan semangat pendampingan petani kelapa sawit agar kesejahteraannya meningkat.
 
“Apkasindo Asahan ke depan harus menjadi role model pendampingan petani kelapa sawit di Sumatera Utara. Ayo gandeng seluruh petani sawit di Asahan”, Ajak Arif Ripai yang juga Anggota DPRD Labuhanbatu Utara Fraksi Partai Nasdem.
 
Nazaruddin Terpilih Sebagai Ketua DPD Apkasindo Asahan
 
Musyawarah Daerah ke 2 Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia Kabupaten Asahan yang di gelar di Aula Wisma SPSI Asahan pada Sabtu (23/07/2022) dihadiri oleh 18 Dewan Pimpinan Unit Apkasindo se Kabupaten Asahan. Dalam musyawarah tersebut, Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ir. Harris Simbolon, Faisal Fariz, SE dan Hafdi Eka Putra SH, Perwakilan DPW APKASINDO Sumatera Utara mengesahkan Nazaruddin SH secara aklamasi terpilih sebagai Ketua DPD APKASINDO Kabupaten Asahan Periode 2022 – 2027.
 
Nazaruddin, SH dalam sambutan pertamanya mengucapkan terima kasih kepada seluruh DewanPimpinan Unit Apkasindo se Kabupaten Asahan yang telah mempercayakan jabatan tersebut kepadanya. Ia menegaskan bahwa amanah tersebut tentunya akan dijalankan dengan sungguh-sungguh, sebab pertanggung jawaban tidak hanya kepada petani, juga kepada Allah SWT.
 
“Meskipun berat, amanah ini akan saya jalankan dengan sebaik-baiknya. Tentu kita harus bergandengan tangan. Ada banyak program yang menanti seperti PSR, Sarana dan Prasaran serta Sertifikasi ISPO bagi pekebun kelapa sawit yang harus didampingi”, sambut Nazar.
 
Ia berharap agar ini menjadi momentum kebangkitan petani, ada 75 ribu hectare lahan kelapa sawit rakyat yang harus kita ajak untuk meningkatkan produksinya.
 
“Secepatnya kita akan bentuk kabinet DPD Apkasindo Asahan agar kerja kerja pendampingan berjalan. PEtani Sawit harus setara di Asahan”, tutup Nazar.