SERGAI - Pangdam I/ BB menyampaikan dalam event  Open Race Pordasi Cup Trophy ini diharapkan dapat memperoleh bibit-bibit muda yang berprestasi. Ke depannya menjadi atlet-atlet yang mewakili wilayah Sumatera Utara serta menjadi kearifan lokal dan Pekan Olahraga Nasional PON  2024.
 
Hal ini disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin dalam membuka  Open Race Pordasi Cup Trophy, di pacuan kuda Jericho Stable Desa Firdaus, Kec Sei Rampah, Serdang Bedagai (Sergai), Sabtu (23/7/2022).
 
Dalam rangka  HUT Ke-72 Kodam I/BB Tahun 2022, turut dihadiri Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Wabup Sergai H. Adlin Tambunan, Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Pol Christiyanto Goetomo, Ketua Pordasi Sumut Cory S Sebayang, Ketua Harian KONI Sumut Prof Agung Sunarno, beserta OPD Kab Sergai dan unsur Forkopimda Kab Sergai.
 
"Dalam rangka HUT Ke-72 Kodam I/BB Tahun 2022, ada beberapa cabang olahraga yang telahdimiliki dan menghasilkan atlet-atlet tempur yang semuanya di bawah induk pengawasan Komite Militer Kodam 1 Bukit Barisan (KOMINDAM) yang tersebar, salah satunya olahraga sepakbola, pacuan kuda dan beberapa olahraga lainnya."Ujar Pangdam I/BB.
 
Ia menambahkan, bahwa event ini juga dijadikan sebagai wahana untuk mempererat rasa persaudaraan  dan kekompakan serta solidaritas atas sesama atlet berkuda di Sumatera Utara guna memasyarakatkan olahraga berkuda ini melalui event perlombaan pacuan berkuda Open Race Pordasi Cup Trophy Pangdam I/BB.
 
Pangdam I/BB mengharapkan Generasi muda terhindar dari pengaruh narkoba yang dapat merusak generasi bangsa, dengan memeranginya bersama.
 
"Saya berharap semua tim dapat bertanding dalam pertandingan dengan sportif menjunjung tinggi semangat fair play jujur patuhi dan taati Semua peraturan yang berlaku dan hargai Setiap keputusan wasit," pungkas Pangdam I/BB.
 
Terpisah, Bupati Sergai H. Darma Wijaya mengucapkan selamat datang kepada Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin serta para atlet berkuda di pacuan kuda Jericho Stable hingga dapat memberikan motivasi kuat bagi pelaksana olahraga.
 
" Berkunjung ke Tanah Bertuah Negeri Beradat dapat mempromosikan objek wisata di Sergai dan meningkatkan perekonomian masyarakat," papar  Bupati Darma Wijaya yang akrab disapa bang wiewiek.
 
Ia juga menyebutkan di Kabupaten Sergai juga ada olahraga refting Sungai Bahbolon, Kecamatan Spispis.
 
"Pemkab Sergai sangat mendukung kegiatan Open Race Pordasi Cup Trophy Pangdam I/BB, atas kelanjutannya perlombaan ini akan mendapat motivasi pada PON ke depan Sumut/Aceh,"ujar Darma Wijaya.
 
" Terimakasih kami ucapkan kepada Jericho Stable dan atensinya kepada Panitia hingga harapan kegiatan ini sukses sampai akhir"pungkas Bupati Darma Wijaya.
 
 
Berikut data peserta Open Race Pordasi Cup Trophy Tanah Karo 11 Kuda, Deli Serdang 1 Kuda, Medan Kota 2, Banda Aceh 1 Kuda, Bener Meriah 2 Kuda, Payakumbuh 1 Kuda, Binjai 1 Kuda, Tapanuli Utara 5 Kuda, Simalungun 3 Kuda, Gayo Lues 6 kuda, Sergai 4 Kuda.