PALAS - Momentum Hari Anak Nasional (HAN) menjadi refleksi bagi orangtua yang selalu melindungi anak mewujudkan Indonesia maju. Hal ini sesuai tema Peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2022 "Anak terlindungi Indonesia maju".
 
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Padanglawas,Hj Leli Ramayulis SKM mengajak masyarakat untuk memberikan perlindungan terhadap anak yang rentan menjadi objek kekerasan.
 
"Mari kita berikan perlindungan dan membentuk karakter anak untuk mengembangkan bakat dan  minat agar tumbuh menjadi generasi masa depan yang berkarkater budi pekerti baik," katanya, Sabtu (23/7/2022).
 
Ia berharap, momen HAN sangat strategis untuk selalu mengingatkan kita dan membuka peluang bagi anak untuk tunbuh menjadi generasi penerus bangsa yang andal dan berguna bagi orangtuanya dan bangsa.
 
Menurut Leli, bagaimana tetap mengekspresi anak -anak untuk pengembangan jati dirinya sesuai pertumbuhan perkembangan baik secara fisik untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.
 
"Mari kita tingkatkan perhatian secara khusus terhadap anak untuk menjadi anak yang memiliki masa depan yang baik,"ajaknya.
 
Selain itu, Leli Ramayulis juga mengajak, para orangtua anak untuk sungguh-sungguh mengayomi serta memberikan perlindungan dan selalu mendampingi anak sebagai bentuk membangun kepercayaan diri sianak.
 
"Sesuai tema yang diangkat para Peringatan Hari Anak Nasional, Anak Terlindungi Indonesia Maju mengandung makna bahwa sebagai orangtua harus melindungi anak sebagai aset masa depan bangsa," imbuhnya.
 
Libuh lanjut, ia meminta posisi sebagai orang tua dari pada anak untuk selalu memberikan dorongan terhadap  anak  agar memiliki prestasi yang lebih baik dan unggul di kemudian hari.
 
“Anak-anak adalah generasi penerus bangsa, sudah menjadi tugas kita dalam membimbing dan mendidik serta membentuk ahlak dan moral mereka," tambahnya.
 
Ia juga mengingatkan, orangtua untuk mendidik dan memperlakukan anak dengan baik dengan didikan yang santun dan baik agar anak bisa menerima dengan baik yang menjadi cikal bakal generasi penerus bangsa dalam mewujudkan perubahan kearah yang lebih baik.