LANGKAT - Camat Bahorok, Roby Deritawan Sitepu membuka musrebangdes/kelurahan Tahun Anggaran 2023  Kamis (22/7/2022) di kantor Desa Timbang Jaya. Roby menyebutkan, usulan skala prioritas menjadi target realisasi pembangunan. 
 
"Saat ini kita dalam persiapan peringatan HUT RI -77 pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang. Dijadwalkan 18 desa serta satu kelurahan kecamatan Bahorok akan menggelar lomba kebersihan urai Robby sembari membuka kegiatan itu," ujarnya.
 
Sementara, Fandi Setiawan Kabid Pemberdayaan Potensi Desa (PPD) dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Langkat, pada arahannya mengatakan selayaknya desa menggali potensi yang potensial, bermanfaat bagi kemajuan dan kemakmuran masyarakat.
 
Usulan rencana pembangunan tidak hanya bersifat fisik namun termasuk juga usulan sektor sosial budaya, ekonomi, pertanian, peternakan serta lainnya, ujarnya.
 
Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) berkesinambungan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).
 
Bentuk pembangunan meliputi meningkatkan perekonomian masyarakat, pendidikan, kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat desa melalui pelatihan.
 
Khusus bagi kepala desa (kades)  terpilih diharapkan dilibatkan dalam penyusunan RKPDes dan RPJM desa meskipun belum dilantik. Sehingga tercermin kordinasi yang  baik dan terbuka di desa.
 
Dijelaskannya setelah kades dilantik, selayaknya tiga bulan kemudian disusun RPJMDes untuk realisasi visi/misi serta penyesuaian anggaran.
 
Disamping usulan pembangunan ke pemerintah masyarakat desa sepatutnya menggalang dan melestarikan "Pembangunan Swadaya". 
 
Sifatnya gotong royong dan kerjasama yang bermanfaat dan wujud dari pembangunan yang sinergi antara pemerintah dengan masyarakat ujar Fandi.
 
Selanjutnya musyawarah rencana pembangunan desa (Musrebangdes) akan dijadwalkan kemudian beber Fandi.
 
Pembukaan Musrenbangdes diikuti kades, ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Bhabinsa Sertu Muis Gunawan serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.