LHOKSEUMAWE - Kepekaan Babinsa Koramil 03 Dewantara Kodim 0103 Aceh Utara Kopda Mayruli mampu menggugah warga binaan untuk memanfaatkan lahan kosong agar produktif, yakni dengan budidaya tanaman holtikultura seperti jagung di Desa Pulo Rungkom Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. Di samping itu, Kopda Mayruli selalu Babinsa di desa tersebut mengajak warga yang memiliki lahan masih kosong, agar dialihfungsikan menjadi produktif.
 
“Lahan kosong bisa ditanami berbagai jenis tanaman produktif, seperti jagung, cabai, ubi kayu dan tanaman palawija lainnya, tujuannya bisa untuk menopang ekonomi warga, apalagi saat ini ekonorni masyarakat sedang sulit, maka perlu rajin dan produktif,” ungkapnya Jumat (1 5/7/2022).
 
Disisi lain, urai Kopda Mayruli, jika lahan kosong dimanfaatkan untuk tanaman produktif, bisa searah dengan program pemerintah untuk ketahanan pangan.
 
“Karena pangan menjadi organ terpenting bagi keberlanjutan kehidupan manusia dimuka bumi ini, tidak terkecuali juga masyarakat yang tinggal di Desa Pulo Rungkom ini,”. jelasnya.
 
Dikatakan, sinergi TNI dengan masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam masa pandemi dengan memanfaatkan lahan kosong dengan menanami dengan tumbuhan yang dapat memberikan manfaat buat masyarakat, menjadi sangat penting sekali.
 
Disela pembersihan lahan, salah seorang warga, Romadhan mengaku sangat senarig karena adanya pendampingan dari Babinsa yang senantiasa membenikan motivasi dan memberikan semangat kepada para warga.
 
“Kami sangat senang, karena Bapak TNI selalu hadir dampingi kami, sehingga kami jadi lebih bersemangat bercocok tanam,” tuturnya.