PALAS -  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset  menggelar kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) untuk tahun ajaran 2022-2023. Kegiatan MATSAMA ini berlangsung selama tiga hari dimulai 15- 17 Juli 2022 di lingkungan madrasah dibuka oleh Kakan Kamenag Palas, H.Abdul Manan MA.
 
Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida  Nasution SPd MA mengatakan, kegiatan Matsama ini bertujuan memberi pembekalan bagi siswa.
 
"Mulai dari pengenalan kegiatan lingkungan, tenaga pendidik dan kependidikan, jurusan serta kegiatan KBM, kegiatan organisasi kesiswaan, prestasi dan pemanfaatan teknologi /IT dalam pembelajaran," katanya.
 
Selain itu, lanjut Mahyarni tentang materi berjiwa kompetitif (berwirausaha), dan penanggulangan kenakalan remaja (cerdas bermedia sosial dan dampak narkoba serta materi 
latihan baris berbaris, tata tertib madrasah dan visi misi madrasah.
 
Ia menambahkan, tujuan kegiatan Matsama ini untuk mengenalkan lingkungan madrasah secara dekat kepada siswa baik lingkungan fisik maupun tenaga pendidik dan kependidikan, tata tertib madrasah agar nanti setelah menempuh pendidikan di MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset berjalan dengan baik.
 
"Diharapkan peserta didik bisa mengoptimalkan waktunya untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik dilingkungan madrasah," harapnya.