PADANG SIDEMPUAN - Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH meminta kepada 220 tenaga guru baru menerima Surat Keputusan (SK) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk lebih bersemangat dan menunjukkan kinerja terbaik demi kemajuan Pendidikan di Kota Padang Sidempuan. "Kami ucapkan selamat kepada 220 Guru yang menerima SK pengangkatan. Setelah diproses panjang, akhirnya SK bisa kita serahkan hari ini. Jadikan momentum ini sebagai pelecut semangat untuk lebih baik lagi dalam mendidik anak-anak generasi penerus Kota padang Sidempuan. Berikan pendidikan yang terbaik sehingga IPM bisa ikut naik,” ucap Wali Kota Irsan saat serahkan SK PPPK Tenaga Guru Tahap I dan tahap II di Gedung Adam Malik, Kamis (14/7/2022).
 
Diakui Wali Kota Irsan, jumlah ASN yang pensiun semasa menjadi walikota di Padang Sidempuan lebih banyak dari pada PPPK yang diterima sehingga kebutuhan di Padang Sidempuan masih banyak.
 
"Saya berharap dengan diserahkannya SK ini ada semangat dan suasana baru dalam proses belajar mengajar di tiap – tiap sekolah di Kota Padang Sidempuan," tutup Wali Kota Irsan.
 
Sebelumnya, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Padang Sidempuan dalam laporannya menjelaskan, adapun jumlah PPPK guru tahap I sebanyak 112 orang dan PPPK guru tahap II sebanyak 108 orang yang seluruhnya sebanyak 220 orang untuk guru kelas/guru bidang studi Sekolah Dasar (SD) dan guru Sekolah Menengah Pertama (SMP).
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Sidempuan H. Muhammad Luthfi Siregar, SH. MM menyampaikan bahwa PPPK guru ini menerima SK pengangkatan dengan masa kontrak selama 2 tahun.
 
"Kontraknya 2 tahun. Tetapi jika memang kinerjanya baik dan memenuhi target kompetensi maka akan diperpanjang kembali kontrak kerjanya,” terang Lutfhy.
 
Ditempat lokasi yang sama di Gedung Adam Malik, Muhammad Nazim Rangkuti, salah satu PPPK formasi Guru SDN 200222 Kelurahan Wek 5 di Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, mengapresiasi pemerintah atas perhatian terhadap tenaga pendidik lewat tahap seleksi, terutama guru honorer yang sudah berpuluh tahun lamanya di sekolah.
 
“Alhamdulillah, terimakasih Pak Wali Kota, Pak Kepala Dinas Pendidikan, dan Badan Kepegawain Daerah Kota Padang Sidempuan yang sudah menyerahkan SK hari ini. InshaAllah kami siap untuk terus mengabdikan diri untuk kemajuan di bidang pendidikan kota Padang Sidempuan,” ujarnya.
 
Hal senada diucapkan oleh Enni Herawati, S.Pd, yang di angkat menjadi PPPK formasi guru di SDN 200220 Kelurahan Ujung Padang Kecamatan Padang Sidempuan Selatan.
 
"Insya Allah, akan lebih semangat dalam bekerja dan menjadi tanggung jawab moral sebagai abdi negara yang aktif berkontribusi dalam memberikan kemajuan pendidikan di Kota Padang Sidempuan," ucap Enni.
 
Tampak hadir, Wakil Wali Kota Padang Sidempuan Ir.H.Arwim Siregar MM, Sekretaris Daerah Kota Padang Sidempuan H.Letnan Dalimunthe, S.K.M,M.Kes, Para Asisten, Staf Ahli dan beberapa Pimpinan Operasi Perangkat Daerah Kota Padang Sidempuan.