PALAS -  Sebanyak 55 anggota karate sabuk putih dan coklat Lemkari Kareta Indonesia (Lemkari) mengikuti ujian  kenaikan tingkat sabuk,dilapangan MTsN Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas), Minggu (3/7/2022). Ketua Lemkari Palas,  Pebri Angga Barumun Tanjung SH C STMI CTGF, didampingi Zul Hajji Gumuruh Hasibuan mengatakan, peserta yang mengikuti ujian kenaikan tingkat (UKT) bagian dari evaluasi selama mengikuti beladiri.
 
"Kenaikan tingkat sabuk ini salah satu bagian dari pembinaan mental dan karakter, tidak hanya menghafal jurus jurus tetapi memupuk mental agar lebih percaya diri dan mandiri,” katanya.
 
Kata Angga, UKT ini  bukan sebuah kompetisi menang kalah tetapi evaluasi untuk meraih sabuk tertinggi untuk menguasai ilmu beladiri.
 
"Anggota karateka yang dinilai lulus kenaikan sabuk akan mendapatkan sabuk dan sertifikasi sesuai capaiannya," ujarnya.
 
Untuk para senior, lanjutnya akan mengikuti kejuaraan setelah tahap ujian. Banyak tantangan bagi peserta saat mengambil sabuk seperti memecah batu es, mematahi papan dan lainnya.
 
Ia berharap, peserta yang mengikuti jenjang  kenaikan sabuk dalam perguruan harus dilakukan agar siswa  memiliki tujuan yang jelas.
 
"Para siswa didorong untuk meraih sabuk tertinggi untuk memiliki legalitas dan kualitas," imbuhnya.
 
Ia menambahkan, untuk mencapai tertinggi,seorang siswa diperguruan karate harus bisa berkembang untuk menumbuhkan minat masyarakat menggeluti beladiri karate.