PALAS - Melalui pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (Bian) bermanfaat jadikan generasi emas di masa depan. Hal itu disampaikan Plt Bupati Palas, drgH Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi pada kegiatan pencanangan Bian di SDN 0107 Tanjung Botung, Kecamatan Barumun.
 
"Penggalakan cakupan imunisasi dasar lengkap sempat terjadi penurunan karena pandemi Covid-19 karena tim vaksinator terfokus penangganan pandemi sebagai upaya menekan laju penyebaran dan penularan Covid -19," katanya, Minggu (26/6/2022).
 
Untuk meningkatkan cakupan imunisasi, lanjut Plt Bupati pemerintah menggalakan bulan imnunisasi anak nasional( Bian) untuk mewujudkan kesehatan generasi muda atau anak.
 
Ia mengajak, stakholder dan semua  elemen masyarakat khususnya para guru dan orang tua untuk turut mensukseskan Bian Tahun 2022.
 
Menurut Plt Bupati, ke depan anak anak akan menghadapi tantangan yang lebih  jauh lebih berat dari apa yang ada sekarang. Maka penting mengedukasi masyarakat terutama orang tua untuk meningkatkan  kesadaran dan pemahaman pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (Bian).
 
Kata Ahmad Zarnawi, pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat, kuat, pintar dan produktif sehingga  manfaatkan Imunisasi dari dampak yang ditimbulkan di masa datang.
 
Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa Imunisasi ini relatif murah dibanding ketika mereka terkena penyakit berbahaya saat sudah dewasa. "Mencegah lebih baik dari pada mengobati," pesannya.
 
"Mari menjadikan anak anak Indonesia khususnya anak-anak Kabupaten Palas sebagai generasi emas dengan  menjaga dan memproteksi mereka sejak dini, karena generasi penerus bangsa sebagai cikal bakal penerus cita cita dan perjuangan bangsa," sambungnya.
 
Ia berharap, tim vaksinator dan seluruh pihak yang terlibat di kegiatan pelaksanaan imunisasi untuk menjadikan pekerjaan sebagai ibadah dalam mendukung program pemerintah menuju Indonesia sehat.