MEDAN-Guna mencegah paham radikalisme, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar festival Aksi Musik Anak Bangsa (Asik Bang). Setiap peserta dalam fesitval Asik Bang yang diselenggarakan bersama Forum Kordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumut ini diwajiban menyanyikan lagu ciptaan Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar berjudul Salam Indonesia Harmoni.
 
"BNPT hadir mengisi ruang kosong para anak muda lewat kegiatan Asik Bang atau Aksi Musik Anak Bangsa. Ini adalah suatu hal yang sangat baik dalam mencegah radikalisme. Ini adalah cara negara berkomunikasi dengan anak muda lewat musik, mengumandangkan hal-hal baik, puja dan puji kepada bangsanya," ujar Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol R Ahmad Nurwakhid saat membuka festival di Unboss Coffe, Jalan Guru Sinumba 1 No. 4 Keluraham Helvetia Timir, Kecamatan Medan Helvetia, Kamis, (23/6/2022) malam.
 
Lebih lanjut Brigjen Ahmad Nurwakhid menjelaskan, lewat kegitan ini diharapakan dapat membangkitkan kreativitas anak muda, terutama dalam menangkal aksi terorisme. 
 
"Saya berharap kegiatan ini membangkitkan kreativitas generasi milenial untuk berkarya bersama dan melakukan pencegahan terhadap bahaya radikalisme dan terorisme yang sangat berbahaya mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara," jelasnya.
 
Sementara itu, Ketua FKPT Sumut, Ishaq Ibrahim mengatakan, Festival Asik Bang ini merupakan salah satu program BNPT dalam mencegah radikalisme, khususnya di kalangan anak muda. 
 
Acara juga menghadirkan Ezra, Personel Band Hivi yang merupakan marasumber dari BNPT dan Arifudin muda Harahap, Kabid Pemuda FKPT Sumut serta Hanna Pagiet, Penggiat Musik medan.
 
Kemudian, dari 12 peserta lomba Asik Bang, berdasarkan hasil keputusan dewan juri keluar sebagai nominasi untuk bertanding tingkat nasional masing-masing Restu Tumanggor, Ansori Ritonga dan Kopri Syariah.