PALAS - DPD KNPI Kabupaten Padanglawas (Palas) resmikan kebun pemuda ditandai dengan tanaman perdana pepaya california atau pepaya madu di lokasi Jalan Pemuda 45, lingkungan VI Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Sabtu (18/6/2022). Kegiatan budidaya pepaya madu dikebun pemuda ini merupakan inovasi kalangan pemuda untuk pengembangan pertanian sebagai karya nyata.
 
Kadis Pertanian Kabupaten Palas, Falah Alfitri S.TP mengapresiasi inovasi yang dilakukan DPD KNPI Palas membuat kebun pemuda.
 
"Pemda mengapresiasi terobosan positif pemuda dalam pemberdayaan budidaya pepaya madu dalam pemberdayaan pemuda," katanya.
 
Falah Alfitri mengaku, inovasi pemberdayaan pertanian dengan tanaman pepaya yang dipelopori DPD KNPI sebagai terobosan untuk menimbuhkan jiwa kewirausahaan pemuda.
 
Ia berharap, kebun yang ditanami pepaya california menuai hasil dan terus dilakukan pengembangan perluasan lahan.
 
 "Pengembangan budidaya tanaman pepaya diharapkan mendapat pendampingan dari Balai Penyuluhan untuk membantu kebun pemuda memberikan manfaat hasil yang baik," harapnya.
 
Ia mengajak, pemuda untuk menciptakan terobosan baru untuk mendukung pembangunan daerah sebagai motor penggerak di bidang pertanian.
 
Ketua DPD KNPI Palas, Muhammad Isra di dampingi panitia kegiatan, Mara Ongku Siregar bersama Sekretaris, Husnul Yaqin Harahap dan Bendahara Ade Martua Harahap menjelaskan, kebun pemuda ini nantinya merupakan salah satu program unggulan dibidang pertanian.
 
"Saat ini luas kebun yang dikelola dengan ukuran 17 x 90 meter persegi dengan status pinjam pakai dapat dikembangkan untuk mencapai hasil yang baik agar memiliki lahan sendiri," ujarnya.
 
Ia berharap, kebun pemuda nantinya bisa menjadi sumber pendapatan pemuda untuk terus berinovasi dalam karya kreasi di bidang pertanian.
 
“Kami akan terus mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.