PALAS - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Padanglawas (Palas), menggelar pelatihan dan sosialisasi jurnalistik ke siswa  SMK Negeri 1 Lubuk Barumun, Kecamatan Lubuk Barumun di Aula sekolah tersebut. Ketua PWI Palas, Atas Siregar mengatakan, kegiatan pelatihan ini bertujuan memberikan edukasi tentang tata cara penulisan berita yang benar sesuai kode etik jurnalistik merupakan  tugas dan fungsi pers sesuai undang – undang nomor 40 tahun 1999.
 
"Masyarakat saat ini kesulitan  membedakan mana berita karya jurnalis dan mana berita hoax karena dampak media sosial yang semakin canggih," terangnya, Sabtu (18/6/2022).
 
Dikatakan, wartawan dalam menyajikan suatu berita dan karya jurnalistiknya harus berdasarkan kode etik. 
 
Dengan menghimpun informasi yang akurat dan aktual, cek and ricek dengan sumber yang dipercaya, tidak berdasarkan opininya,katanya seraya menambahkan, selanjutnya wartawan  menghimpun informasi tersebut menjadi sebuah berita yang disajikan melalui media cetak maupun elektronik serta online.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala  SMK N 1 Lubuk Barumun Bidarlis Nur Ibrahim beserta guru-guru  atas dukungan kegiatan pelatihan dan sosialisasi jurnalistik ini," tuturnya.
 
Ia berharap, melalui kegiatan ini diharapkan memberi manfaat bagi seluruh peserta.
 
Plt Bupati Palas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.M.Si melalui Asisten II Setdakab, Marza Jenova mengapresiasi kegiatan pelatihan dan sosialisasi jurnalistik yang digelar PWI Palas.
 
Ia berharap, kegiatan ini dapat  dilaksanakan PWI Palas secara berkesinambungan kedepan. 
 
"Karena tujuan kegiatan ini memberi edukasi kepada masyarakat tentang karya jurnalistik,termasuk bagi kalangan pelajar setingkat SMK dan SMA," katanya.
 
Msnurutnya, kegiatan pelatihan jurnalistik ini  sangat positif, diharapkan bisa dilaksanakan secara berkesinambungan.
 
Hal senada disampaikan Kepala SMK Negeri 1 Lubuk Barumun Bidarlis Nur Ibrahim Rangkuti mengucapkan terima kasih kepada PWI Palas.
 
Ia berharap, kegiatan ini juga sebagai bentuk mempererat  hubungan silaturrami dan sinergitas antara PWI Palas dengan pihak sekolah.
 
"Peserta didik diminta mengikuti  kegiatan pelatihan dengan baik,manfaatkan waktunya dengan sebaik baiknya," pesannya kepada peserta didik.