MEDAN-Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Poltekkes Kemenkes Medan Jurusan Gizi di Kelurahan Teladan Barat Kecamatan Medan Kota berakhir.

Penutupan PKL Program Studi Diploma III Poltekkes Kemenkes Medan Jurusan Gizi itu dipinpin langsung oleh Lurah Teladan Barat, Juni Hardian di Aula Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota.

Sedangkan mahasiswa yang PKL di Kelurahan Teladan Barat berjumlah 4 orang, sejak 4 Mei 2022 s/d 4 Juni 2022.

Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Medan yang berakhir masa prakteknya yang bertempat di Lingkungan II, Lingkungan IV, Lingkungan VIII dan Lingkungan X Kelurahan Teladan Barat.

"Semoga mahasiswa setelah meninggalkan Kelurahan Teladan Barat kembali ke kampus melanjutkan perkulihaan. Apa yang dilakukan mahasiswa PKL berguna khususnya dalam bidang kesehatan. Sejalan dengan Program Prioritas Walikota Medan tentang kesehatan," kata Lurah Teladan Barat, Jumat, (3/6/2022).

Selama PKL, lanjut dijelaskannya, mahasiswa banyak melakukan penyuluhan kesehatan. Itu semua bisa dilihat hasilnya jika ada perubahan perilaku masyarakat di Kelurahan Teladan Barat.

"Itulah yang diberikan mahasiswa kepada masyarakat. Diharapkan hasil dari PKL yang sekiranya belum tuntas dilanjutkan kembali, berarti nanti akan ada lagi dari Poltekkes Kemenkes Medan yang kesini," jelasnya.

Maka, sebutnya, dengan senang hati Kelurahan Teladan Barat akan menerima mahasiswa Poltekkes Kemenkes Medan untuk bisa melaksanakan PKL di wilayahnya.

"Karena apapun itu bentuknya, apapun itu kegiatannya yang namanya PKL pasti ada manfaatnya bagi masyarakat dan bagi yang melaksanakan, waktu 1 bulan itu terasa singkat, waktu penerimaan saya berharap dapat memanfaatkan waktu yang singkat dengan sebaik-baiknya, jika sekarang kembali lagi 4 semoga semuanya lulus dan dapat nilai yang memuaskan," sebutnya.

Karena itu, Lurah berharap, mudah-mudahan apa yang didapatkan mahasiswa selama melaksanakan PKL ini bisa diterapkan dikemudian hari.

"Pada kesempatan ini, atas nama Lurah Teladan Barat mengucapkan terimakasih telah memberikan edukasi-edukasi tentang Kesehatan kepada masyarakat dan memohon maaf, baik kepada Poltekkes Kemenkes Medan atau mahasiswa apabila dalam pelaksanaan PKL di Kelurahan Teladan Barat ada yang kurang berkenan," katanya.

Sementara itu, dokter Ratna Zahra, selaku Dosen Pembimbing yang hadir dalam acara penutupan PKL ini juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Kelurahan Teladan Barat karna telah menerima mahasiswanya dengan sangat baik.

"Kegiatan PKL ini bermanfaat bagi masyarakat dan bermanfaat bagi mahasiswa. Karena, praktek saat ini tidak didapatkan pada proses pendidikan di bangku kuliah, namun bisa dirasakan waktu praktek nyata," pungkasnya.*